Deklarasi Relawan Mengajar Maharani Kampung Basen  Kelurahan Purbayan

Senin, 8 Juni 2020, telah dilaksanakan Deklarasi Relawan Mengajar Maharani Kampung Basen Kelurahan Purbayan di Balai Pintar Maharani RW 4, dihadiri oleh Pokja 1 TP PKK Kota Yogyakarta, Kepa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Yogyakarta beserta seluruh Kepala Bidang di DPMMA, Koodinator PuspagaKota Yogyakarta, Camat Kotagede, Lurah Purbayan, Ketua TP PKK kecamatan, Ketua TP PKK Kelurahan, Ketua LPMK Kelurahan Purbayan, Ketua Kampung Basen, Ketua RW dan RT de Kampung Basen dan relawan mengajar sebanyak 15 orang.

Dalam Deklarasi tersebut disebutkan bahwa para relawan mengajar akan mengadaan pendataan anak anak yang melaksanakan pembelajaran online, dan akan membantu proses PPDB online bagi keluarga yg kesulitan PPDB online, mendampingi belajar secara online dan memberikan peminjaman fasilitas peralatan untuk belajar online.

Pada kesempatan tersebut dihadiri Ketua dan Pembina PATBM Kelurahan Purbayan mebagai upaya monitoring permasalahan anak di Kelurahan Purbayan yang salah satunya masalah belajar online sudah mendapatkan solusi dengan belajar dengan relawan.

Lurah Purbayan menyampaikan bahwa upaya belajar membaca dan menulis untuk anak anak yang akan masuk SD menjadi prioritas di Kampung Basen karena jumlah anak yang akan masuk SD di RW 4 saja ada 23 anak.

Camat Kotagede menyampaikan bahwa relawan mengajar ini adalah embrio dr proses Jam Belajar Masyarakat (JBM) dan dengan adanya Relawan Mengajar Maharani ini tetap terus ada meski masa pandemi berakhir.