Pelatihan Manajemen Produk Kelurahan Purbayan

Pentingnya Mengembangkan Toko Online Untuk Memperluas Pemasaran UMKM 

Sebanyak 40 orang pelaku UMKM kerajinan  dan kuliner di Kelurahan Purbayan mengikuti pelatihan Pembuatan Toko Online dengan Teknik Search Engine Optimization (SEO), Kamis-Jumat (25-26/2) di Kelurahan Purbayan. Pelatihan dibagi dalam dua sesi dengan topik Teknik Pemasaran Kerajinan Melalui Digital Marketing oleh Mansur Mashuri ST (Owner Rumah Mesin dan Ketua Genpro DIY Lembaga Pendamping UMKM) serta Pengenalan Teknik SEO Marketing Untuk Usaha Kerajinan oleh Adira Rahmawan ST. 

Lurah Purbayan Nawangsasi mengatakan perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah menghadirkan dunia dalam sebuah genggaman. Melalui gadget bisa berselancar di dunia maya menggali berbagai informasi dan menyampaikan informasi dalam hitungan detik. Kondisi ini telah mengubah lanskap bisnis dan memberikan ancaman bagi perusahaan baik dalam tata kelola produksi, keuangan, sumber daya manusia maupun pemasaran. 

"Untuk itu pentingnya pelaku UMKM mengenal pemasaran secara online agar lebih luas jangkauannya. Pelatihan ini sebagai tindak lanjut dari pelatihan tahun lalu, yakni pelatihan peningkatan kualitas produk dan kemasan," ujarnya. 

Sementara itu Mansur Mashuri menuturkan bahwa modal untuk marketing online lebih terjangkau dan jangkauan lebih luas. Selain itu  marketing online lebih praktis, tidak terikat waktu dan populer. Untuk media dan strategi yang digunakan dalam marketing online adalah penggunaan media sosial seperti : Youtube, Pinterest, Facebook dan Instagram. 

Adira Rahmawan menambahkan metode SEO merupakan upaya optimal melalui website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.
Manfaat SEO adalah budget lebih murah dibandingkan iklan berbayar, mendapatkan pengunjung sesuai target, jangkauan lebih luas, trafik datang terus menerus, meningkatkan penjualan, meningkatkan brand usaha dan produk, mengetahui kondisi pasar online dan kepemilikan sendiri, bukan ikut di marketplace. 

Dalam kesempatan tersebut Yuli salah seorang peserta mengungkapkan rasa senang dan merasa tercerahkan. "Slama ini saya melakukan marketing hanya melalui WA dan facebook dan ternyata banyak cara dalam pemasaran melalui media online," katanya.