Purbayan Giatkan Satgas Cfovid-19 Melalui Edukasi Prokes dan Penyemprotan Disinfektan

Merebaknya kasus Covid-19 di Kelurahan Purbayan, Kemantren Kotagede menggugah Tokoh masyarakat seperti LPMK, RK, RW, RT bersama Lurah Purbayan dan jajarannya melaksankan penyemprotran disinfektan ke rumah-rumah warga pada Senin (28/2) di Kelurahan Purbayan.
Hadir dalam kegiatan penyemprotan tersebut anggota DPRD Kota Yogyakarta Nurcahyo Nugroho, Mantri Anom Kotagede, Lurah beserta jajarannya dan Ketua LPMK.
Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi menyampaikan bahwa jumlah penyitas Covid-19 di Kelurahan Purbayan ada sejumlah 80 orang yang tersebar dalam 12 RW dan 29 RT. Melihat peningkatan jumlah penyitas tersebut maka kami melakukan koordinasi dengan LPMK dan Ketua RW untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan edukasi ke masyarakat
“Saat ini kami kami melakukan monitoring kegiatan penyemprotan de3sinfektan serentak se-kelurahan Purbayan. Tim kami bagi dua yang satu dikoordinir Mantri Abom Kotagede dan tim satunya dikoordinir Lurah purbayan. Masing-masing tim melakukan monitoring di 7 RW,” kata Nawangsasi
Selanjutnya disampaikan Nawangsasi bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan untuk memutus rantai perkembangan virus di udara/luar rumah sedangkan edukasi untuk mengajak masyarakat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.
Ketua LPMK Purbayan Miftachul Alfin juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan monitoring penyemprotan disinfektan telah dibagikan sejumlah APD, face shield, masker, obat disinfektan pada tiap-tiap RW se kelurahan Purbayan.
“Pembagian APD dan obat disinfektan agar dapat digunakan untuk kegiatan penyemprotan pada hari ini, sedangkan face shield dan masker digunakan untuk edukasi disiplin protokol kesehatan,” urai Alfin.
Alfin juga menyampaikan bahwa masyarakat Purbayan telah mengaktifkan kembali Satgas Covid-19 di semua tingkatan dan aktif dalam berbagai kegiatan dari mulai edukasi, penyemprotan disinfektan secara berkala, membantu yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dan di shelter serta melakukan olah data perkembangan Covid-19 di Purbayan.
Sementara Nurcahyo Nugroho Anggota DPRD Kota Yogyakarta yang turut serta melakukan pemantauan kegiatan penyemprotan disinfektan menyampaikan apresiasi pada warga Purbayan yang tanggap dan sigap dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dengan melakukan kerja bakti penyemprotan disinfektan.
“DPRD Kota Yogyakarta mendukung penuh upaya masyarakat dan Pemkot dalam antisipasi merebaknya kasus Covid-19 di kota Yogyakarta. Dukungan yang kami berikan berupa regulasi atau payung hukum dan penganggaran,” jelas Nurcahyo.