Pada hari Selasa, 08 Maret 2022 di Kopi Lumbung Mataram telah dilaksanakan kegiatan Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan oleh Badan Kesbangpol DIY. Dalam rangka mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY melaksanakan Sosialisasi dan Diskusi bersama dengan judul Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan Teks Pancasila, dan dilanjutkan Pembacaan Teks UUD 1945.Hadir dalam pertemuan tersebut Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi, Perwakilan DPRD Kota Nur Cahyo, Ketua LPMK Purbayan Miftachul Alfin, Perwakilan PKK, Ketua RW RT se Kelurahan Purbayan, dan FKPM.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber, dari Polda DIY diwakili oleh AKBP Tri Novi Purwaningrum, dari UNY Ibu Rukiyati, serta dari Komisi A DPRD DIY Muhammad Syafi'i . Ada beberapa hal yang disampaikan oleh narasumber terkait 4 pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Agar warga Negara Indonesia bisa kuat menghadapi ancaman dari luar yang menggoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Yogyakarta merupakan barometer Indonesia karena menjadi Kota budaya, Kota pelajar dan daerah istimewa. Di era milineal, era globalisasi dan era kemajuan teknologi informasi ternyata karakteristik kebangsaannya menurun, sehingga di Yogyakarta ini kedaulatanya semakin berkurang, hal ini dikatakan oleh Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi. Lebih lanjut dia menyampaikan ilmu yang didapat dari Sinau Pancasila ini dapat disebarluaskan ke masyarakat lewat masing-masing lembaga yang hadir dalam kegiatan ini.

Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dari Kesbangpol DIY yang diadakan di wilayah Kelurahan Purbayan ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2022. Selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan sinau bareng di 78 Kecamatan di DIY.