Rabu, 09 Maret 2022 Pukul 13.00  WIB bertempat di BETWEEN TWO GATES (Lawang Pethuk Kelurahan Purbayan). Hadir dalam kesempatan tersebut Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede Komaru Ma'arif SIP, M,Si, Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi, SP, Ketua Pokdarwis  Nur Cahyo Nugroho, dan Tim Juri Verifikasi. Adapun Tim Juri berasal dari berbagai kalangan, yaitutim juri terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata DIY, GKR Bendara/Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY, Pusat Studi Pariwisata UGM, DPD GIPI DIY, Media, Penggiat Pariwisata dan Forkom Pokdarwis DIY.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menetapkan tiga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengikuti lomba Pokdarwis di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ketiga Pokdarwis tersebut adalah Pokdarwis Purbayan, Pokdarwis Rejowinangun dan Pokdarwis Panembahan.

Di Kota Yogyakarta banyak komponen masyarakat membangun destinasi wisata di kampung-kampung sesuai dengan potensi wilayah masing-masing. Ada yang bergerak di bidang agro wisata, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata air, bahkan wisata kuliner.

Kriteria penilaian lomba antar Pokdarwis tersebut adalah dari sisi Administrasi yang meliputi Struktur Organisasi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Aturan Organisasi, Kegiatan Rutin, Buku Keuangan/Kas, dan Catatan Kunjungan Wisatawan. Implementasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona, serta Rencana Kerja Pokdarwis juga menjadi poin penilaian. Seluruh rangkaian acara lomba berjalan lancar, tertib dan sukses.