Sebagai upaya meraih kembali kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melaksanakan Sosialisasi Sadar Wisata bagi masyarakat di Kelurahan Purbayan.

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari, diikuti sekitar 1.000 peserta, yakni: 29 Maret 2022 di Kampung Wisata Kadipaten, Kauman, Rejowinangun, Warungboto, dan Purbayan. Sedang 30 Maret 2022 di Kampung Wisata Taman Sari, Pakualaman, Cokromenduran,Sosromenduran, dan Sayidan.

Sosialisasi Sadar Wisata ini bersifat berkelanjutan, yaitu kedepan akan dilakukan pelatihan terkait potensi produk pariwisata, kewirausahaan dan pelatihan bidang pariwisata lainnya yang diharapkan dari masing-masing desa dapat lahir local champion atau penggerak dalam pengembangan di desa wisatanya masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut, “Kami sangat antusias dan mengapresiasi serta siap bersinergi dan mengawal program ini, agar Sapta Pesona plus CHSE dan Pelayanan Prima terinternalisasi dan diimplementasikan di Kampung Wisata Wilayah Kota Yogyakarta.”