Lurah Purbayan, Kudup Nawangsasi mengikuti kegiatan pembukaan pasar Ramadhan dalam rangka menyambut Ramadhan di sepanjang ruas jalan Kemasan Kotagede Yogyakarta, diselenggarakan oleh UMKM Kelurahan Purbayan, Sabtu (02/04/2022). 

Menurut Nawangsasi, kegiatan tersebut adalah suatu upaya dari Pemerintah Daerah dalam menyongsong bulan suci Ramadhan.

"Juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga dalam melaksanakan ibadah lebih nyaman karena untuk mencari kebutuhan sehari-hari lebih mudah," jelasnya.

Dalam hal ini Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede Komaru Ma'arif berharap perangkat Kelurahan agar ikut membantu mensukseskan program tersebut dengan bersama-sama instansi terkait mengkondisikan keamanan dan ketertiban saat kegiatan masyarakat terselenggara. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menghidupkan para pelaku UKM di Kelurahan Purbayan serta memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan lauk pauk untuk berbuka puasa.

“Sebagaimana tradisi masyarakat kita pada bulan puasa, yakni jalan-jalan sore bersama teman atau keluarga, sambil membeli makanan untuk hidangan saat berbuka puasa, yang mana hal ini menjadi rizki bagi saudara-saudara kita yang berjualan makanan untuk hidangan buka puasa tersebut” katanya.

Sementara itu Pembina UMKM Kelurahan Purbayan Khaleili Nungki menghimbau agar barang-barang yang dijual dalam Pasar Ramadhan betul-betul terjangkau oleh masyarakat.

“Jangan sampai harganya ternyata mahal, sehingga mengecewakan masyarakat. Harus benar-benar murah dan memiliki selisih yang cukup banyak dengan di pasaran pada umumnya,” ucap nya.

Sementara itu Anggota Dewan Nur Cahyo berpesan agar pelaku usaha yang berjualan di pasar Ramadhan dan panitia penyelenggara senantiasa menjaga kebersihan makanan yang dijual. "Kita harapkan seluruh panitia beserta jajarannya betul-betul menjaga kebersihan lokasi pasar Ramadhan ini,"kata