Dinas Pariwisata DIY menggelar sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona bagi masyarakat pada tanggal 07 Juni 2022 di Gor RW 14 Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede Yogyakarta sebagai bentuk upaya pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam mewujudkan sadar wisata dan sapta pesona di Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi yang melibatkan pengelola destinasi wisata, Lurah Purbayan, kelompok-kelompok sadar wisata di Kelurahan Purbayan, anggota DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) yang bertujuan memberikan pemahaman mengenai konsep sadar wisata dan sapta pesona sebagai unsur penting dalam pengembangan kepariwisataan di Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede Yogyakarta. 

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Erni Sri Jarwati, SH mewakili Kepala Dinas Pariwisata DIY yang mengatakan masyarakat yang sadar dan bertanggungjawab penuh serta mendorong peran aktif masyarakat agar terwujudnya sadar wisata dan menghimbau bahwa kita masyarakat harus mempersiapkan diri dan menjaga unsur unsur sapta pesona. 

Sementara itu, Muhammad Syafi'i anggota DPRD DIY berharap setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini pengelola destinasi wisata dan kelompok sadar wisata dapat memberikan pelayanan dan pengalaman sesuai dengan konsep sadar wisata dan sapta pesona yaitu menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan, keramahan, kesejukan serta kenangan. Konsep sapta pesona ini diharapkan dapat menciptakan sebuah kenyamanan berkunjung pada wisatawan sehingga menimbulkan kesan yang baik bagi wisatawan yang datang. 

"kenyamanan adalah hal terpenting untuk pendatang wisatawan saat berada di objek wisata" ujarnya

Imam Widodo selaku perwakilan GIPI atau Gabungan Industri Pariwisata Indonesia menambahkan bahwa kampung wisata harus mempertahankan karakteristik yang dimiliki. Dan ia menambahkan bahwa sadar wisata adalah bagian penting tentang bagaimana pelaku pariwisata menyambut wisatawan yeng berkunjung. Sadar wisata sangat diupayakan di Indonesia karena kita memiliki wisata yang populer. 

"kami berharap destinasi yang sudah ada dapat terus berkembang dan nantinya bisa dipertahankan", tambahnya.

Masyarakat wajib melestarikan dan menjaga objek wisata yang ada di sekitar lingkungan.