Pada hari Sabtu, tanggal 25 Juni 2022, Kantor Kelurahan Purbayan mengadakan Pelatihan Event Organizer yang ditujukan untuk kalangan muda di wilayah Kelurahan Purbayan. Event Organizer adalah salah satu lahan kerja yang cukup prospektif bagi para kalangan muda saat ini. Kelurahan Purbayan bekerja sama dengan Rachmadhy Eka Pratama yaitu pemilik Langit Osca yang bergerak di bidang event sebagai pembicara di pelatihan ini. Pelatihan ini dibuka oleh Lurah Purbayan yang memberikan semangat untuk kalangan muda agar pelatihan ini bermanfaat untuk kedepannya. Menurut Kudup Nawangsasi selaku Lurah Purbayan "Pelatihan ini memang ditujukan untuk kalangan muda agar kedepannya mereka bisa mengorganisasikan suatu acaranya sendiri"

Menurut Indro Kimpling Suseno (dalam buku Cara Pintar Jadi Event Organizer) Event Organizer adalah sekelompok orang yang terdiri dari tim pelaksana, tim pekerja, tim produksi dan tim manajemen yang melaksanakan tugas operasional suatu program acara atau melakukan pengorganisasian untuk mewujudkan suatu program acara.

Rachmadhy menjelaskan bahwa peran Event Organizer adalah usaha dalam bidang jasa yang secara sah ditunjuk oleh kliennya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi dalam rangka mewujudkan tujuan yang diharapkan klien untuk acara.

Ada beberapa tips dan faktor agar event berjalan dengan baik salah satunya adalah kontrol pelaksana yang melakukan pengecekan mendekati hari H karena disaat-saat seperti itulah biasanya hal-hal tak terduga terjadi dan membutuhkan antisipasi cepat untuk menerapkan rencana A,B,C dan seterusnya.

"membuat rundown acara yang terencana dan detail tanpa jeda kosong adalah salah satu faktor penentu berjalannya acara" tambah Rachmadhy.

Menurut Rachamdhy perencanaan event itu terdiri dari 5W1H yaitu why (alasan atau tujuan event), who (siapa pihak yang terlibat dalam penyelenggaran event), when (pelaksaaan waktu event), what (program acara yang disuguhkan), how (mempromosikan melaksakan serta mengevaluasi). 

Dengan adanya pelatihan diharapkan kalangan muda bisa menciptakan lapangan kerja yang bergerak dibidang event organizer.