“PURBAYAN BERGERAK” PENGUATAN ANGGOTA DAN SOSIALISASI FKDM (FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT)

Dalam rangka menindaklanjuti permasalahan terkait Kewaspadaan Dini Masyarakat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta mengadakan acara Penguatan Anggota FKDM dan Sosialisasi FKDM bertempat di Kelurahan Purbayan pada tanggal 13 Juli 2022 Pukul 15.30 sampai selesai.

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma’arif, S.I.P., M.Si kemudian acara inti sosialisasi terkait Kewaspadaan Dini Masyarakat yang disampaikan oleh dua narasumber, yaitu Tri Waluko Widodo anggota DPRD Kota Yogyakarta dan Budi Santosa, S.STP, M.Si Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta.

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang selanjutnya disingkat FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Kewaspadaan Dini adalah serangkaian upaya/ tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini, kata Tri Waluko Widodo.

Pendeteksian dan pencegahan dini adalah segala usaha atau kegiatan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung untuk mendeteksi dan mencegah permasalahan yang mempengaruhi penyelenggaraan pemerintahan.

Ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang selanjutnya disingkat ATHG adalah setiap upaya pekerjaan, kegiatan dan tindakan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai dan/atau dibuktikan dapat membahayakan keselamatan bangsa, kemananan, kedaulatan, keutuhan wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia dan kepentingan nasional di berbagai aspek, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya maupoun pertahanan dan keamanan.

Tujuan Kewaspadaan Dini di daerah meliputi pendeteksian, pengidentifikasian, menilai, menganalisis, menafsirkan dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ATHG di daerah.

Sinergi pemerintah dan peran serta masyarakat sangatlah penting dalam kewaspadaan Dini Masyarakat dalam menciptakan suasana yang kondusif dan tertib dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan bermasyarakat, kata Budi Santosa, S.STP, M.Si dalam pemaparannya.