Peresmian Ruang Terbuka Publik eks Balai RK Basen oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede Kotagede, Jumat, 15 Juli 2022.

Kegiatan dimulai dengan sepeda santai bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kemantren (forkompimtren) Kemantren Kotagede. Berkumpul di halaman Kemantren pukul 7:30 dilanjutkan sepeda santai menyusuri rute jalan berkeliling kelurahan Purbayan sampai bertemu di titik kumpul eks Balai RK Basen Kelurahan Purbayan.

Di lokasi Ruang Terbuka Publik Eks Balai RK Basen, Jajaran Forkompimtren yang terdiri dari Mantri Pamong Praja, Kepala KUA, Danramil, Kapolsek dan Kepala Puskesmas Kotagede beserta rombongan pesepeda santai di sambut dengan hangat oleh warga dan tokoh masyarakat Kampung Basen dari Ketua Kampung, Para Ketua RW, Para Ketua RT, Tokoh masyarakat Kampung Basen.

Setelah beramah-tamah sebentar, acara peresmian Ruang Terbuka Publik Eks Balai RK Basen dimulai dengan sambutan dari Ibu Lurah Purbayan, Kudup Nawangsasi, SP yang mengutarakan asal mula pembangunan Ruang Terbuka Publik Eks Balai RK Basen yang didanai dengan menggunakan Dana strategis Kelurahan Purbayan untuk penataan spot-spot destinasi wisata kampung Basen dan beliau juga berharap destinasi ruang publik yang baru tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan dapat terawat rapi dan bersih.

Dilanjutkan sambutan oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Bpk. Komaru Ma'arif, SIP, M.Si sekalian penyerahan Ruang Terbuka Publik Eks Balai RK Basen kepada Ketua Kampung Basen. Mantri Pamong Praja dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta berharap dengan dibangunnya Ruang Terbuka Publik tersebut akan berdampak positif dan bermanfaat banyak bagi masyarakat luas khususnya warga Kampung Basen, dan bisa menarik wisatawan ke kampung Basen lebih banyak lagi.

Ketua kampung Basen, Bpk. Jumadi sebagai tetua kampung menerima Ruang terbuka Publik Eks Balai RK Basen dari Bapak Mantri Pamong Praja dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Kota pada umumnya khususnya Pemerintah Kelurahan Purbayan atas pembangunan RTP Eks Balai Rk Basen tersebut, serta berjanji untuk selalu merawat dan mengelola Ruang Terbuka Publik tersebut dengan sebaik baiknya.

Acara kemudian ditutup dengan ramah tamah, foto-foto dokumentasi kemudian dilanjutkan makan bareng para pesepeda dan warga kampung Basen yang hadir dalam acara peresmian tersebut.