Pada hari Sabtu 16 Juli 2022 Kelurahan Purbayan mengadakan pelatihan ice breaking bagi pendidik PAUD bertempat di GOR Balai RK Purbayan. Yang dihadiri ibu Lurah Purbayan, Bunda PAUD kelurahan Purbayan, serta para pendidik PAUD kelurahan Purbayan. Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran ice breaking dalam mengelola kelas. Menurut Aji Syafa selaku instruktur pada pelatihan ini, ice breaking adalah peralihan situasi dari yang membosankan, ngantuk, tegang, menjenuhkan menjadi rileks, santai, hati plong, bersemangat, serta ada perhatian juga rasa senang untuk mendengarkan dan memperhatikan orang yang berbicara didepan kelas atau ruangan pertemuan. 

Aji Syafa menjelaskan siapa saja yang membutuhkan ice breaking "guru, trainer, motivator, mc/host dan semua orang tentunya" jelas Aji. Adapun manfaat ice breaking adalah untuk menciptakan suasana yang kondusif, meningkatkan keakraban antar peserta dan melatih konsentrasi antar peserta. 

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum praktek, pastikan semua peserta semangat, pilih ice breaking yang simpel dan mudah, perhatikan manajemen waktu dan jumlah audience, tujuan ice breaking dengan jelas dan kuasai skill komunikasi.

Aji Syafa menjelaskan macam-macam ice breaking yaitu bentuk kalimat penyemangat/yel-yel/story telling, game (permainan), brain gym, lagu-lagu yang ceria. Beberapa contoh yel-yel adalah bentuk kalimat semangat "apa kabar semuanya? mana semangatmu? semangat pagi anak hebat" jelasnya. Aji menjelaskan contoh permainan yang bisa digunakan saat ice breaking adalah dengan alat dan tanpa alat bisa dilakukan indoor (dalam ruangan) atau outdoor (diluar ruangan). Senam jempol, tepuk anak indonesia, tepuk anak soleh bisa dijadikan contoh ice breaking.

Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan peserta memiliki bekal untuk bisa menyiapkan ice breaking dalam setiap pembelajaran agar suasana belajar lebih hidup dan menyenangkan.