Pada hari Minggu tanggal 17 Juli 2022 Bina Keluarga Lansia atau BKL Delima 1, 2, 3 Kampung Gedongan mengadakan sekolah lansia. Kegiatan hari ini merupakan pembelajaran ke 7 dari 10 kali yang direncanakan di tahun 2022. Pada kesempatan itu pula hadir Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede Komaru Ma'arif S.I.P, M.Si dan Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi, SP dan pada saat itu menerima kunjungan dari rombongan dari Kecamatan Temanggung  untuk study tiru Sekolah Lansia.

Sekolah lansia ini dibimbing oleh instruktur yang tidak asing lagi dari Indonesia Ramah Lansia (IRL) bernama Dwi Endah Kurniasih SKM, MPH, menurut beliau sekolah lansia merupakan salah satu upaya pendidikan diperuntukkan bagi lanjut usia. Pendekatan sekolah lansia merupakan salah satu konsep pendidikan secara informal kepada lanjut usia. Pendidikan informal bagi lansia adalah sebuah sistem konsep-konsep pendidikan yang menerangkan kegiatan belajar-mengajar yang berlangsung dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi lansia. Mencari ilmu tidak hanya harus di bangku pendidikan formal saja. Pendidikan informal seperti pendidikan di keluarga, masyarakat, merupakan salah satu upaya membentuk pribadi untuk menjadi lebih baik. Sekolah lansia merupakan pendidikan informal tidak hanya sekedar mempelajari mengenai aspek kesehatan fisik, didalamnya memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri, yaitu aspek sosial, psikologis, ekonomi lingkungan dan spiritual. Salah satu pembelajaran dalam sekolah lansia adalah peran lansia terutama lansia yang masih potensial di dalam keluarga dan masyarakat. Keluaran dari adanya sekolah lansia di BKL adalah mewujudkan 7 dimensi lansia tangguh antara lain dimensi spiritual, dimensi fisik, dimensi vokasional, dimensi sosial, dimensi lingkungan, dimensi emosioanl dan dimensi intelektual. "Kebutuhan lansia tidak hanya sebatas dalam bidang kesehatan, tetapi juga dalam sosial kemasyarakatan seperti pembinaan aspek mental, kebugaran badan, pendidikan dan kebutuhan rohaninya" jelas Dwi Endah.

Sekolah lansia yang nantinya akan dikelola oleh Bina Keluarga Lansia (BKL) Delima 1, 2, 3 ini diharapkan akan mendidik para lansia agar lebih produktif, mandiri dan tetap bugar di usia senja. Diharapkan lansia-lansia yang sudah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi motivator untuk lansia yang lainnya dan mewujudkan lansia tangguh di wilayah Kelurahan Purbayan.