Pada Rabu siang, tanggal 3 Agustus 2022 bertempat di lingkungan Between Two Gates RW 09 Kampung Alun-alun Purbayan Kotagede, dilaksanakan Verifikasi Lapangan Calon Lokasi Unggulan Kota Sehat oleh Tim Pembina dan Tim Forum Kota Sehat Kota Yogyakarta. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Lurah Purbayan, Ketua Kampung, Ketua RW.09, Pengelola Between Two Gates, Para Ketua RT di RW.09 Purbayan, serta masyarakat RW.09.

Tim Pembina dan Tim Kota Forum Kota Sehat Kota Yogyakarta terdiri dari beberapa instansi terkait, yaitu : Bappeda, Dinas Kesehatan, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, DPUPKP, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi informasi dan Persandian.

Dimulai dengan pemaparan terkait obyek lokasi between Two Gates oleh pengelola Between Two Gates, Bapak Joko  Nugroho. Bahwa Between Two Gates merupakan salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi oleh orang-orang yang tertarik dengan herritage rumah-rumah tradisional asli kotagede yang unik dan menarik. Turis domestik dan mancanegara tidak sedikit yang datang dan kagum dengan pelestarian herritage rumah-rumah tradisional di kotagede ini yang masih terawat dengan baik. Rumah-rumah bangunan di Between Two Gates ini sudah tercatat dalam status Bangunan Warisan Budaya/Cagar Budaya sesuai Keputusan Walikota Yogyakarta.

Kawasan Betwen Two Gates dengan bangunan-bangunan tradisional warisan budaya yang masih lestari dan taman-taman yang tertata rapi dan bersih menjadi tempat yang nyaman dan sejuk untuk bertempat tinggal.

Setelah pemaparan oleh pengelola Between Two Gates, kemudian acara dilanjutkan dengan pengecekan dokumen-dokumen administrasi kelengkapan dari usulan lokasi kota sehat oleh tim Forum Kota Sehat dan wawancara dengan personil-personil yang berkaitan dengan Between Two Gates sebagai usulan Lokasi Kota Sehat, yaitu : pengelola Between Two Gates, Lurah, Ketua RW, Pokdarwis, Ibu-ibu PKK dan lain-lain.

Setelah wawancara, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan langsung oleh tim Forum Kota Sehat dengan berkeliling di sekitar lingkungan Between Two Gates. Mereka memantau dan melihat kebersihan, sarana dan prasarana pendukung serta merasakan kenyamanan dan keasrian tempat tersebut.

Setelah Verifikasi lapangan selesai, Tim Pembina dan Tim Forum Kota Sehat beserta pengurus Between Two Gates dan personil-personil yang terlibat melakukan foto bersama sebelum berpamitan dari Between Two Gates.

Semoga pelestarian warisan cagar budaya Between Two Gates  yang bersih, sehat dan asri serta nyaman sebagai obyek wisata budaya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan lolos sebagai Lokasi Unggulan Kota Sehat di Kota Yogyakarta.