Pada hari Jum'at, tanggal 5 Agustus 2022, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengadakan Launching New Branding Kampung Wisata Purbayan tahun 2022 bertempat di RTHP RW.03 Gedongan Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede.

Pembukaan Lauching kampung wisata Purbayan ini diawali dengan pemberian selendang selamat datang oleh para penari kepada Bapak Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi, SH,MH. Kemudian acara dimulai dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sajian hiburan tari "Gumelar Asri" sebagai tarian selamat datang dipertunjukkan oleh penari-penari yang tampil cantik dari kelurahan Purbayan mengandung arti penyambutan yang istimewa untuk tamu yang istimewa di Kelurahan Purbayan.

Dilanjutkan Sambutan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang mengungkapkan alasan pemilihan Kampung Wisata Purbayan yang di launching yang mana kampung wisata Purbayan tahun 2022 telah berhasil menembus 100 besar desa wisata terbaik di Indonesia itu sangat membanggakan kita semua. Pemasaran Kampung Wisata Purbayan dilakukan untuk menarik minat pariwisata domestik maupun mancanegara yang datang ke Kota Yogyakarta sehingga berdampak kesejahteraan warga Kota Yogyakarta dan menambah PAD Kota Yogyakarta.

Sambutan Selanjutnya oleh Bpk Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif, SIP,M.Si dan Bpk. Nurcahyo Nugroho sebagai Anggota Dewan DPRD Kota Yogyakarta Komisi B, yang mengapresiasi semua stakeholder yang luar biasa memajukan kampung wisata purbayan menjadi semakin maju dan berkembang.

Persembahan Tarian Manggala Tama oleh Penari muda dibawakan dengan sangat apik dan luwes. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tablo yang menampilkan potensi-potensi kerajinan dan kuliner serta budaya di kelurahan Purbayan sebelum launching dilaksanakan.

Launching New Branding Kampung Wisata Purbayan ini dilaksanakan oleh Bapak Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi, SH,MH. 

Setelah melaunching, Bapak Pj Walikota Yogyakarta melanjutkan dengan meninjau stand-stand umkm yang ditata apik oleh pelaku umkm di kelurahan purbayan, dari stand potensi kerajinan perak, kerajinan tanduk kerbau, kerajinan batik tulis, Kuliner dan fashion. Disana Pj Walikota mengapresiasi dan memotivasi pelaku UMKM untuk tetep terus berinovasi dan berkreasi untuk melestarikan dan mengembangkan kerajinan dan potensi-potensi umkm yang lainnya.

Seusai meninjau umkm potensi kelurahan Purbayan, kemudian Bapak Pj Walikota kembali disuguhkan kepiawaian dalang cilik Ki Arjuna Putra dalam mendalang wayang dalam lakon Perang Astina dan Amarta. Bapak Sumadi, SH, MH mengapresiasi juga kepiawaian dalam cilik tersebut dalam mendalang dan berharap bisa tetep melestarikan kebudayaan wayang kulit tersebut.

Persembahan terkahir dari kampung wisata Purbayan yaitu Pagelaran Musik Kroncong oleh grup Ati Kencana yang bermarkas di Kelurahan Purbayan. 

Setelah persembahan hiburan tersebut, kemudian acara ditutup oleh pembawa acara. Semoga dengan Launching New Branding Kampung Wisata Purbayan ini semua potensi pariwisata di Kelurahan Purbayan semakin maju dan berkembang menjadi lebih baik lagi dan berdampak kesejahteraan kepada warga masyarakat luas.