Pada hari Rabu, tanggal 17 Agustus 2022 pagi, Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta mengadakan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di SMA 5 Kota Yogyakarta.

Hadir dalam Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di SMA 5 Kota Yogyakarta tersebut Mantri Pamong Praja Kotagede, Danramil Kotagede, Kapolsek Kotagede, Kepala KUA Kotagede, Kepala Puskesmas Kotagede, Kepala Sekolah SMA 5, Lurah se Kemantren Kotagede, perwakilan tokoh-tokoh masyarakat di kemantren Kotagede, Perwakilan tokoh-tokoh lembaga di kemantren Kotagede, Perwakilan Siswa dari SMA, SMP dan SD beserta tamu undangan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Sebagai Inspektur upacara Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede Komaru Ma'arif, SIP.,M.Si. 
Dalam sambutannya,  Komaru Ma'arif, SIP.,M.Si, Gubernur menyampaikan bahwa "Peringatan Proklamasi sama hal nya dengan sebuah perenungan spiritual sebagai laku yang ditempuh untuk menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng, dengan cara instropeksi dan sebagai moment retrospeksi untuk mengenang jasa para pahlawan". Gubernur DIY mengajak untuk mengisi dan memanfaatkan kemerdekaan ini dengan daya upaya yang baik yang dimiliki oleh masing-masing pribadi.

Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya.
Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 untuk PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT.

Merdeka.....merdeka ....merdeka