Pada hari Jum'at, tanggal 19 Agustus 2022, Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta mengadakan Penilaian Lomba Poskamling Se-Kemantren Kotagede tahun 2022. Tujuan Lomba ini sebagai pembinaan keamanan dan ketertiban di lingkungan kampung-kampung di wilayah kemantren Kotagede. Penilaian lomba poskamling ini meliputi administratif, sarana dan prasarana poskamling serta partisipatif masyarakat dalam kegiatan poskamling di lingkungannya.
Dalam penilaian lomba tersebut dihadiri oleh Lurah Purbayan, Sekretaris Lurah Purbayan, Kasie Pemerintahan dan Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Purbayan, Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Kotagede, Babinsa Purbayan, Bhabinkamtibmas Purbayan, BKO Pol PP, Ketua RW.02 Gedongan, Para Ketua RT di wilayah RW.02 Gedongan serta warga masyarakat.

Untuk Kelurahan Purbayan, telah ditunjuk sebagai perwakilan Poskamling terbaik di kelurahan Purbayan yaitu Poskamling RW.02 Gedongan, Kelurahan Purbayan, yang mana poskamling RW.02 Gedongan dinilai mempunyai sarana dan prasarana yang cukup lengkap, tertib administratif pembukuan serta partisipasi warga dalam kegiatan poskamling dinilai cukup baik.

Tim dewan yuri yang terdiri dari unsur kemantren Kotagede, Koramil Kotagede, Polsek Kotagede, BKO Pol PP, bhabinkamtibmas Kelurahan Purbayan, Babinsa Kelurahan Purbayan. Suasana saat penilaian verifikasi lapangan di RW.02 Gedongan berlangsung meriah dan suasana cair penuh kekeluargaan. Partisipasi warga masyarakat banyak dan juga antusias mengikuti kegiatan poskamling di RW.02 Gedongan.

Setelah beramah tamah dengan warga, kemudian dewan yuri mulai Penilaian Lomba Poskamling dengan interview kepada pengurus dan warga, mengamati sarana dan prasarana, serta kelengkapan administrasi dalam poskamling teresebut. Penilaian berlangsung kurang lebih setengah jam. Setelah itu dewan yuri mohon pamit untuk meneruskan kegiatan penilaian di Kelurahan Prenggan.

Semoga Penilaian Lomba Poskamling di RW.02 Gedongan Purbayan berlangsung dengan baik dan mencapai hasil yang memuaskan seperti yang diharapkan menjadi juara Poskamling terbaik se Kementren Kotagede, sehingga menambah motivasi masyarakat untuk lebih rajin dan lebih berpartisipasi dalam kegiatan poskamling dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya serta poskamling bisa menjadi wadah untuk bersilatuahmi antar warga dalam suasana yang non formal.