Pada hari Selasa, tanggal 23 Agustus 2022, Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta mengadakan Vaksinasi Booster Covid19 untuk warga Kelurahan Purbayan. Tujuan Vaksinasi Booster Covid19 ini untuk memberikan kekebalan kepada warga dan meningkatkan kualitas kesehatan dari ancaman bahaya Covid19.

Vaksinasi booster (dosis 3) telah terlaksana di halaman Kemantren Kotagede sejak pagi hari serta dihadiri ratusan warga Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede. Pelaksanaan vaksinasi terbagi menjadi 4 sesi mulai jam 08.00 WIB sampai jam 12.00 WIB. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya yang berdatangan dari pagi sampai siang berakhirnya vaksinasi.

Pelaksanaan vaksin tersebut melibatkan tenaga medis dari Puskemas Kotagede I, Puskesmas Kotagede II, Mahasiswa Kedokteran UMY sebagai petugas pemberian vaksin kepada warga. Jenis vaksin booster yang digunakan ialah Astrazeneca yang mana dapat diberikan kepada warga yang sudah vaksin dosis pertama dan kedua dengan jenis vaksin Sinovac dan Astrazeneca. Vaksinasi booster merupakan vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan. 

 

Pelaksanaan Vaksinasi Booster Covid19 untuk warga Kelurahan Purbayan berjalan dengan lancar, teratur dan rapi sesuai rencana.