Pada hari Sabtu, tanggal 27 Agustus 2022, Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede mengadakan Workshop Penyusunan Paket / Produk Wisata Berbasis Potensi untuk warga Kelurahan Purbayan. Tujuan Workshop Penyusunan Paket / Produk Wisata Berbasis Potensi ini untuk Pelatihan kepada warga Kelurahan Purbayan dan para pelaku wisata dalam perencanaan penyusunan paket-paket wisata di wilayah kelurahan Purbayan guna meningkatkan kualitas paket wisata yang sudah ada dan menambah paket wisata baru di Kelurahan Purbayan.

Antusiasme warga dalam mengikuti Workshop ini terlihat dari banyaknya yang hadir dan merespon acara workshop ini. Workshop ini dipandu oleh dua narasumber utama, yaitu bapak Erwito Wibowo dan Ibu Meira Marianti, SE, MA. Beliau berdua merupakan praktisi yang bergerak di bidang kepariwisataan yang berpengalaman.

Dalam pemaparannya, Bapak Erwito Wibowo menjelaskan terkait potensi-potensi obyek daya tarik wisata yang ada di Kelurahan Purbayan baik berupa tempat-tempat wisata, kesenian, kerajinan serta kuliner yang tumbuh dan berkembang di Kelurahan Purbayan. Potensi-potensi tersebut layak untuk dikembangkan dan dimajukan sebagai daya tarik obyek wisata agar tetap lestari bahkan berdampak kepada kesejahteraan warga Kelurahan Purbayan.

Narasumber kedua, Ibu Meira Marianti, SE, MA memaparkan terkait pentingnya 4 pilar pariwisata, yang meliputi pengembangan destinasi wisata, pengembangan pemasaran wisata, Pengembangan industri pariwisata dan Pengembangan Kelembagaan dan SDM Pariwisata. Bahwa dalam pengembangan kepariwisataan 4 pilar tersebut sangat penting untuk dilakukan secara kesinambungan dan konsisten.

Peserta Workshop juga diajak untuk berdiskusi secara berkelompok terkait penyusunan paket-paket wisata yang ada di wilayah kelurahan Purbayan yang punya daya tarik wisata dan layak dipasarkan untuk kepariwisataan di wilayah Purbayan.

Workshop diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber terkait hal-hal penting dan teknis yang harus diperhatikan dalam penyusunan paket-paket produk wisata berbasis potensi.