Pada hari Jum'at, tanggal 07 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istinewa Yogyakarta (DIY) mengadakan Sosialisasi Pembangunan Karakter Angkatan Kerja Istimewa dengan Dana Keistimewaan bertempat di Ruang Rapat Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Lurah Purbayan Ibu Kudup Nawangsasi, SP. Dalam sambutannya Lurah Purbayan menyambut baik adanya sosialisasi Pembangunan Karakter Angkatan Kerja Istimewa ini, dan berharap bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Kelurahan Purbayan.

Dalam acara Sosialisasi tersebut diisi oleh 3 Narasumber yang berasal dari Anggota Dewan DPRD DIY Muhammad Syafi'i, Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Standarisasi dan Pemagangan (P2SP) Disnakertrans DIY Drs. Setiawan Rineksa, MM serta Narasumber dari Komite Vokasi Produktifitas Daerah (KVPD) DIY Hazwan Iskandar Jaya.

Dalam Sosialisasi ini, Bapak Muhammad Syafi'i dari Anggota Dewan DPRD DIY menyampaikan materi mengenai karakter-karakter yang harus dimiliki oleh tenaga kerja, yaitu Disiplin, Jujur, Tanggung jawab, Kreatif, dan Mandiri. Beliau juga berpesan agar para peserta yang hadir dapat menyalurkan ilmu yang didapatkan dari sosialisasi ini, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi jugaa untuk orang lain, keluarga ataupun tetangga.

Tenaga kerja merupakan pelaku dalam berbagai aktivitas pembangunan. Oleh karena itu, tenaga kerja dari sisi jumlah dan kualitasnya akan menentukan keberhasilan pembangunan. Jumlah tenaga kerja yang besar tanpa diikuti kualitas yang baik akan sulit bersaing dengan negara lain. 

Drs. Setiawan Rineksa, MM mengatakan bahwa Pembangunan karakter Sumber Daya Manusia menjadi kunci peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang berkarakter khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tingginya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) akan berdampak pada peningkatan produktivitas yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Tantangan global mengharuskan setiap negara secara sungguh-sungguh menyiapkanvkualitas sumberdaya manusia sebagai satu-satunya sumberdaya aktif penentu kejayaan dan eksistensi suatu bangsa. Berbagai bukti menunjukkan bahwa kemajuan suatu bangsa tidak dapat dilepaskan dari penanaman nilai-nilai khas bangsa tersebut. Jepang, Korea Selatan,Jerman merupakan contoh negara yang berhasil menjadikan karakter bangsa sebagai
modal untuk memasuki persaingan di era global. 

Dalam isi materinya Bapak Hazwan Iskandar Jaya mengatakan bahwa menjadi angkatan kerja istimewa tidak hanya sekedar pintar,terlatih, respek dan kompeten professional, namun tetap mempunyai perilaku karakter khas keistimewaan DIY yang meliputi: 
1. Sawiji, artinya Fokus pada satu tujuan yang ingin dicapai
2. Greget, artinya Semangat bergelora
3. Sengguh, artinya Percaya diri dan rendah hati tidak sombong
4. Ora Mingkuh, artinya Bertanggung jawab
5. Golong Gilig, artinya rasa persatuan, bergotong royong

Karakter-karakter khas keistimewaan DIY tersebut hendaknya dimiliki dan dipegang teguh angkatan kerja istimewa untuk meraih kesuksesan dalam karir dan pekerjaan dimanapun berada.