Tahun 2022 Kelurahan Purbayan mengambil tempat di aula Kelurahan mengadakan Pelatihan Pengolahan Produk Makanan Berbahan Dasar Ikan dengan sasaran ibu-ibu Kelurahan Purbayan, Selasa (08/11/2022).

Di kegiatan ini salah satunya ada pelatihan pengolahan produk makanan berbahan dasar ikan, sehingga untuk wilayah Kelurahan Purbayan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan tata cara pengolahan ikan agar bisa lebih variatif lagi, lebih menarik untuk di konsumsi semua kalangan terutama anak-anak. Pelatihan ini disampaikan dan diperagakan oleh Ibu Novi dan Ibu Hani dari Fania Food.

Kegiatan ini juga untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan yang bermutu dan aman. Pemerintah di semua tingkatan mengembangkan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan peningkatan citra produk perikanan, serta mengembangkan sistem mutu dan jaminan keamanan produk perikanan,” terangnya.

Sementara tujuan kegiatan Pelatihan pengolahan produk makanan berbahan dasar ikan , lanjutnya, untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengolah masakan berbahan dasar ikan. Menghasikan menu masakan hasil perikanan.


“Tujuan lainnya adalah mempromosikan keanekaragaan menu masakan hasil perikanan kepada masyrakat luas, menyebarluaskan imformasi tentang ikan, jenis olahan maskannya, serta kandungan gizi dan manfaatnya kepada masyarakat luas. Serta mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan, melalui Gemarikan,” terang Lurah Purbayan Kudup Nawangsasi.

Pihaknya berharap dari pelatihan ini akan merubah mindset para ibu-ibu, tidak hanya untuk mengolah ikan yang baik, tetapi juga bagaimana memilih ikan yang baik. Bagaimana bahan makanan berbahan baku ikan ini diutamakan untuk para balita  “Mudah-mudahan dari output ini bisa membantu Kelurahan Purbayan bebas dari stunting,” ucapnya.