Pada hari Minggu, 13 November 2022, Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Kelurahan Purbayan mengadakan serangkaian acara Gelar Potensi Budaya di Pendopo Rumah Bapak Bambang Joni Ismoyo RT.56 RW.14 mulai dari siang hari sampai malam hari. Dalam Gelar Potensi Budaya RKB Purbayan tersebut menampilkan beberapa potensi kesenian dan kebudayaan yang ada di kelurahan Purbayan, diantaranya Gelar Pertunjukan Tari Gumelar Asri, Gelar Pertunjukan Tari Lintang Kemukus, Gelar Pertunjukan Seni Srandul, serta Gelar pertunjukan drama tari dengan judul "Mentheng Kelek". .

Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) adalah kelurahan dengan potensi budaya yang mencakup adat dan tradisi, kesenian, permainan tradisional, bahasa, sastra, aksara, kerajinan, kuliner, pengobatan tradisional, penataan ruang dan warisan budaya. Potensi ini merupakan "keistimewaan" RKB perlu dilestarikan dan juga dikenalkan kepada masyarakat luas.

Gelar Budaya RKB menjadi ruang bagi RKB untuk mengeksplorasi potensi budaya wilayah sekaligus mempromosikannya kepada masyarakat luas dalam rangka pendayagunaan obyek kebudayaan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tema yang diambil pada Gelar Potensi Budaya tahun 2022 ini adalah "Hanarawata Juming Mandhala" yang artinya memasyurkan keistimewaan wilayah.

Tujuan Kegiatan Gelar Potensi Budaya Rintisan Kelurahan Budaya ini adalah mendorong pelestarian dan pengembangan budaya di wilayah Rintisan Kelurahan Budaya (RKB), memberikan ruang bagi RKB untuk menampilkan potensi budaya yang menjadi kekuatan, karakteristik, keunikan dan identitas masing-masing, menjadi sarana promosi untuk mengenalkan potensi budaya kepada masyarakat luas, mendorong pemanfaatan potensi budaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta menjadi ajang penilaian untuk mengetahui tingkat kemajuan RKB.

Acara Gelar Potensi Budaya Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Purbayan dimulai dengan pembukaan pada jam 14.00 WIB oleh Ibu Lurah Kudup Nawangsasi, SP. Dimulai dengan Pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua hadirin yang hadir di acara. Kemudian sambutan sekaligus pembukaan secara resmi Gelar Potensi Budaya Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Kelurahan Purbayan oleh Ibu Lurah Purbayan.

Acara dilanjutkan dengan penampilan koor oleh ibu-ibu PKK kelurahan Purbayan yang tampil menarik dengan membawakan beberapa lagu yang hits. Pementasan musik akustik yang apik oleh kawula muda Kelurahan Purbayan juga mewarnai dalam mengisi penampilan Gelar Potensi Budaya RKB Purbayan kali ini.

Perwakilan dari Dinas Kebudayaan juga meninjau Gelar Potensi Budaya Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Purbayan ini di sore hari menikmati persembahan gelar potensi budaya dan Bazaar UMKM di lingkungan panggung Gelar Potensi Budaya. Dalam sambutannya perwakilan dari Dinas Kebudayaan Mengapresiasi dan mensupport kegiatan ini dan berharap kegiatan ini akan terus berlangsung dan semakin maju.

Disela-sela pertunjukan Gelar Potensi Budaya juga diramaikan oleh bazaar UMKM kelurahan Purbayan mewakili setiap RW yang ada di kelurahan Purbayan. UMKM Purbayan menyediakan beberapa produk-produk asli purbayan dari makanan tradisional seperti roti kembang waru, banjar, ukel, peyek bayam, dan sebagainya sampai makanan kekinian seperti sosis, corndog, jasuke, dll dan tak lupa juga barang-barang kerajinan baik dari logam, keramik sampai kerajinan dari tanduk.

Bazaar UMKM juga sangat diminati warga yang menonton Gelar Potensi Budaya RKB Purbayan, terbukti banyak yang kelarisan dagangan UMKM nya, sehingga Gelar Potensi Budaya ini juga menggerakkan perekonomian warga dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

Acara Puncak Gelar Potensi Budaya RKB Purbayan dimulai jam 19.30 WIB dimana dibuka dengan sambutan oleh Ketua RKB Kelurahan Purbayan Bpk. Siswanto, BE dan dilanjutkan sambutan oleh Mantri Pamong Praja Kotagede yang diwakili oleh Mantri Anom Kotagede Bpk. Drs.Waris Sumarwoto.

Dalam sambutannya Bpk. Drs. Waris sumarwoto mengapresiasi kegiatan Gelar Potensi Budaya RKB Purbayan dan memotivasi agar kegiatan ini bisa berlangsung lebih baik di masa mendatang.

Acara Kesenian yang ditampilkan dalam acara puncak Gelar Potensi Budaya RKB Purbayan ini dimulai dari penampilan Pertunjukan Tari Gumelar Asri yang merupakan tari penyambutan tamu-tamu istimewa di Kelurahan Purbayan, dilanjutkan Pertunjukan Tari Lintang Kemukus yang ditampilkan dengan apik dan lemah gemulai oleh penarinya.

Setelah pagelaran tari-tarian kemudian dilanjutkan oleh Pertunjukan Seni Srandul dari Kelurahan Purbayan yang dimainkan oleh seniman-seniman yang profesional dan dikemas dengan cantik. Di penghujung acara penampilan terakhir menampilkan Pertunjukan Seni drama tari "Mentheng Kelek" yang menampilkan drama berbackground tema sejarah diiringi tarian-tarian dan permainan tradisional jaman dahulu yang dipentaskan oleh kaum muda dengan apik dan menarik.

Semoga Potensi kesenian dan kebudayaan akan terus hidup dan berkembang di tangan masyarakat yang tetap peduli akan pelestarian budaya dan kesenian-kesenian tradisional. Salam Budaya. Lestari Budayaku.