Pada Hari Rabu, 7 Desember 2022 berlokasi di Pendopo Ruang Terbuka Hijau (RTH) RW.11 Selokraman Kelurahan Purbayan di selenggarakan kunjungan lapangan oleh Tim Juri Lomba Kampung Proklim Kota Yogyakarta dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Kunjungan lapangan oleh tim juri ini merupakan salah satu rangkaian penilaian perlombaan yang sebelumnya dilakukan verifikasi administrasi dan profil kampung proklim yang ikut perlombaan kampung iklim. Sesuai Berita Acara hasil pengumuman hasil verifikasi administrasi lomba Kampung Iklim Kota Yogyakarta tahun 2022 oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Nomor 660/001/BA/XII/2022 tanggal 4 November 2022 menetapkan ada 10 kampung di Kota Yogyakarta yang lolos verifikasi administrasi. Dan Kemantren Kotagede diwakili oleh Kampung Alun-alun RW. 11 Selokraman-Jagungan Kelurahan Purbayan yang mengikuti lomba kampung iklim tahun 2022.

Rombongan Tim Juri Lomba Kampung Proklim Kota Yogyakarta dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang dipimpin oleh Bapak Very Tri Jatmiko,S.Si,MM Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta di terima baik oleh Pengurus kampung Alun-alun RW.11 Selokraman-Jagungan didampingi oleh bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Lurah Purbayan, Ketua RW beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Kotagede, Bapak Komaru Maa'arif, SIP,M.Si mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung dan berperan serta dalam lomba proklim di RW.11 Selokraman-Jagungan dan berharap semangat peduli lingkungan sekitar tetep bisa dipertahankan bahkan diajarkan ke generasi berikutnya agar anak cucu bisa sadar akan lingkungan yang bersih, sehat, hijau dan nyaman huni.

Dalam sambutannya, Ketua tim Juri Lomba Kampung Iklim Kota Yogyakarta, bapak Very Tri Jatmiko,S.Si,MM menyambut gembira dan mengapresiasi langkah-langkah dan usaha yang telah dilakukan oleh RW.11 Selokraman-Jagungan yang telah mempersiapkan kampung proklim di wilayahnya dengan semangat dan antusias sesuai dengan indikator penilaian dalam lomba kampung proklim. Dan Ketua Tim juri juga menyambut gembira penyambutan yang dilakukan dengan baik dan kekeluargaan serta ramah tamah dari RW.11 Selokraman-Jagungan Kelurahan Purbayan.

Dalam lomba Kampung Proklim Kota Yogyakarta tahun 2022 ini beberapa indikator yang dinilai dalam lomba adalah 1. Pengendalian kekeringan dan tanah longsor 2. Peningkatan Ketahanan pangan 3. Pengendalian penyakit terkait iklim 4. Pengelolaan Sampah 5. Pengelolaan Budidaya pertanian rendah emisi gas rumah kaca/ pemanfaatan pupuk organik 6. Penggunaan energi baru, terbarukan dan konservasi energi 7. Peningkatan tutupan vegetasi/penghijauan 8. Pencegahan kebakaran lahan yang dikelola masyarakat.

Seusai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan paparan profil kampung iklim, usaha-usaha yang telah dilakukan sebagai kampung iklim serta inovasi-inovasi yang dilakukan di RW.11 Selokraman-Jagungan yang dipaparkan oleh Bapak Zuhudi selaku pengurus kampung RW.11 Selokraman Jagungan. Beberapa usaha yang telah dilakukan oleh RW.11 Selokraman-Jagungan untuk mendukung sebagai kampung iklim adalah diantaranya pengelolaan sampah organik dan anorganik, Budidaya Peternakan Kelinci, Usaha Bank Sampah RW, Kelompok Pertanian perkotaan, Edukasi kepada warga terkait kepedulian lingkungan, Pendidikan karakter dan pembiasaan anak-anak paud akan kepedulian lingkungan, senam sehat warga lansia dan umum, Penanaman pohon perindang di sekitar rumah penduduk, dan sebagainya.

Acara berikutnya kemudian peninjauan lapangan oleh tim Juri lomba proklim. Dimulai dari peninjauan kebersihan lingkungan dan penghijauan di sepanjang jalan yang dilalui, kemudian meninjau lokasi Bank Sampah "Srikandi" RW.11 Selokraman-Jagungan yang mana disekitar lokasi tersebut juga ada pengelolaan sampah organik dengan Losida dan ember tumpuk, serta budidaya maggot. Dilanjutkan meninjau lokasi pertanian kelompok tani "Melati Green 1" dan "Melati Green 2" yang berdekatan yang disana ditanami aneka macam pohon buah-buahan dan sayur-sayuran kebutuhan warga.

Seusai kunjungan lapangan, Rombongan Tim Juri kemudian kembali ke Pendopo RTH untuk makan siang dan memberikan kesan dan pesan atas penilaian di kampung Proklim RW.11 Selokraman-Jagungan Kelurahan Purbayan.

Dalam pesan dan kesannya Ketua Tim Juri mengaku puas dan mengharapkan semangat kepedulian akan lingkungan dalam memelihara kampung iklim ini terus dipeliharan dan dipertahankan serta ditingkatkan lagi supaya menjadi lebih baik lagi. Dan Tujuan akhirnya kesadaran masyarakat akan kepedulian lingkungan yang hijau, bersih, sehat serta nyaman huni dapat tercapai dan dapat diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.

Acara kemudian ditutup dengan berpamitan serta diserahkan berita acara kunjungan lapangan oleh Ketua Tim Juri Lomba Proklim kepada Ketua RW.11 Selokraman-Jagungan. 

Semoga semangat Kampung Proklim terkait kepedulian akan lingkungan tetap terjaga dan terus meningkat untuk menjadikan lingkungan yang bersih, sehat, hijau dan nyaman huni dan kondusif untuk masyarakat.