Pada Hari Rabu, tanggal 18 Januari 2023 di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta, Kelurahan Purbayan mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023. Musrenbang Kelurahan Purbayan Tahun 2023 dengan tema "Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Yogyakarta".

Acara dihadiri oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Mantri Anom Kotagede, Lurah Purbayan, Ketua LPMK Purbayan, Anggota Dewan se Dapil V Kota Yogyakarta, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Pengurus PKK Kelurahan Purbayan, Faskel Bank Sampah Kelurahan Purbayan, Ketua Kampung se Kelurahan Purbayan, Ketua RW se Kelurahan Purbayan dan perwakilan Lembaga se-Kelurahan Purbayan.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Diharapkan dengan kegiatan Musrenbang ini mampu menampung dan merealisasikan usulan dari masyarakat Kelurahan Purbayan, mulai dari pekerjaan fisik wilayah sampai dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Purbayan.