Lurah Purbayan menerima penghargaan Evaluasi Perkembangan Kelurahan (Lomba Kelurahan) Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2023 pada Upacara Hari Otonomi Daerah ke-27, yang diselenggarakan di Halaman Balaikota Yogyakarta pada Jum’at, 28 April 2023. Penghargaan diserahkan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta.

Dalam Evaluasi Perkembangan Kelurahan (Lomba Kelurahan) Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2023,  Kelurahan Purbayan berhasil meraih predikat Juara Harapan 2. Penghargaan yang diberikan berupa berupa tropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Kelurahan (Lomba Kelurahan) Tingkat Kota Yogyakarta merupakan tindaklanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang bertujuan untuk mengetahui status tingkat perkembangan desa dan kelurahan, efektifitas penyelenggaraan bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Selain itu juga untuk mengetahui kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, tingkat kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai Pancasila.

Dengan adanya penghargaan tersebut menambah semangat bagi aparat kelurahan Purbayan untuk membenahi kekurangan-kekurangan yang ada dan mengoptimalkan serta mengembangkan potensi wilayah Purbayan.