Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan Kotagede Yogyakarta menjadi satu di antara 75 kampung/desa wisata terbaik di Indonesia sekaligus desa wisata berkelas dunia untuk Indonesia bangkit. 

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 itu pun diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak. Sandiaga Salahuddin Uno pada hari Minggu, 4 Juni 2023.

"Saya ucapkan selamat kepada desa wisata, Kampung Wisata Purbayan, yang melengkapi produk-produk unggulan DIY. Secara keseluruhan ini (Kamwis Purbayan) sudah ada di level internasional dan kami ucapkan selamat kepada Desa Wisata Purbayan . Karena, dari 4.573 desa wisata pilihan kita, ( Kamwis Purbayan ) telah terpilih menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia," kata Sandiaga.

Ia turut menyampaikan bahwa Kamwis Purbayan itu memiliki nilai budaya sejarah Kerajaan Mataram Islam dan juga ekonomi kreatif perak yang sangat luar biasa. Tak hanya itu, potensi lain dari Kamwis Purbayan kerajinan keris, kerajinan kulit, kerajinan filigree serta pengrajin blangkon.

"Bicara soal kreativitas, di DIY merupakan juaranya, karena sudah proses uji petik sebelumnya," kata dia.

Ia berharap, pemasaran produk UMKM kerajinan di Yogyakarta mampu menembus pasar ekspor internasional. Sehingga akan semakin banyak lapangan pekerjaan terbuka lebar.

Adapun potensi dari Kamwis Purbayan sendiri ialah kerajinan perak, keris, kerajinan tanduk, kerajinan kulit, kerajinan filigree dan kerajinan kain perca sekaligus perajin tas kain perca perajin kaos khas Purbayan hingga blangkon.

Kamwis Purbayan juga memiliki sentra perajin batik di mana wisatawan dapat merasakan langsung dan mencoba membuat batik dengan bantuan profesional.

Sandiaga menyebut Kampung Wisata Purbayan saat ini sudah bertaraf Internasional. Ia melihat momentum ini sebagai kesempatan untuk membuka lapangan kerja lebih luas, mengingat sektor pariwasata sempat loyo akibat pandemi.

"Saya melihatnya justru tugas kita menggunakan momentum ini untuk menciptakan peluang usaha dan 4,4 juta lapangan kerja, Karena waktu pandemi kemari pariwisata kita sangat terpuruk," jelas Sandiaga.

"Apalagi sekarang ada destinasi Kampung Wisata Purbayan sehingga untuk melengkapi target 8,5 juta wisman (wisatawan mancanegara) itu bisa kita capai," lanjutnya.

Guna mencapai target kunjungan Wisatawan mancanegara tersebut, terlebih di DIY, Sandiaga tengah mengusahakan penerbangan langsung internasional ke YIA. Selain itu, Sandiaga menilai DIY telah mampu menjadi tuan rumah bagi event-event international.

"Sekarang justru Jogja memberikan tingkat hunian yang sangat tinggi dan beberapa event-event berkelas internasional salah satunya ATF yang berhasil kita lakukan dengan baik di awal tahun ini," ungkap Sandiaga.

"Kita sekarang menjadi pertimbangan maskapai-maskapai internasional misalnya, saya sudah berbicara lagi dengan Qatar dan Emirat untuk mereka terbang langsung ke YIA," tambahnya.

Sandiaga meminta pengelola Kamwis Purbayan fokus dalam peningkatan ekonomi kreatif berbasis digital. Hal tersebut diharapkan mampun menjadi penambah nilai tawar Kamwis Purbayan.

"Bagi para generasi muda yang lagi suka healing ini adalah destinasi yang cocok buat refreshing, tidak bikin kantong kering kecuali kalau beli silver, dan apalagi membuat kepala pening karena keren sekali dari segi penataan," tutupnya.

Pelaksanaan itu pun dihadiri oleh beberapa pejabat terkait, yakni Pj Wali Kota Yogyakarta , Singgih Raharja; Promotor Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kebudayaan Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara; Mantri Pamong Praja Kotagede, lurah Purbayan dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Purbayan , Nurcahyo Nugroho.

"Penghargaan itu menjadi suatu kebanggan bagi kami. Kami harap, Kamwis Purbayan bisa terus maju dan mendatangkan banyak wisatawan," tandas Ketua Pokdarwis Purbayan , Nurcahyo Nugroho.

Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan masuknya Purbayan dalam list ADWI 2023 membuatnya akan semakin dikenal wisatawan lokal, nasional maupun internasional.

Ketua Pokdarwis Purbayan Nurcahyo Nugroho mengatakan, Purbayan akan mengunggulkan identitas sebagai Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi dengan beberapa paket wisata yang dapat dinikmati wisatawan.

"Kami menawarkan paket wisata untuk wisatawan yang datang dengan menjelajahi bangunan cagar budaya dan bangunan warisan budaya yang ada di Purbayan," kata dia.