Pada hari Jum'at Malam, tanggal 7 Juli 2023 Kelurahan Purbayan mengadakan Pelatihan Pendidikan Karakter Bagi Remaja bertempat di Sanggar Maharani, Basen, Kelurahan Purbayan yang dihadiri oleh Sekretaris Lurah Purbayan, Perangkat Kelurahan Purbayan, Babinsa, Babinkamtibmas, Pengurus dan Kader PATBM, Pengurus PKK RW.04 Basen, dan Instruktur Pelatihan Pendidikan Karakter Bagi Anak dan Remaja.

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan membentuk karakter remaja yang tangguh dan berakhlakul karimah sebagai generasi penerus bangsa dan pemimpin masa depan. Dalam Pelatihan ini Kelurahan Purbayan mengundang 2 Narasumber yang berkompeten, yaitu : Bapak Ferian Fembriansyah dari Genre-DIY dan Ibu Siti Tri Wahyuningsih aktivis dalam Bidang Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Menurut Narasumber pertama, yaitu Bapak Ferian Fembriansyah, pembentukan karakter yang tangguh untuk remaja adalah hal yang penting dilakukan dan sebaiknya dilakukan sejak dini. Menurut BKKBN, Remaja adalah orang dengan rentang usia 10 - 24 tahun dan belum menikah. Kelompok remaja dibagi 3 yaitu Remaja Awal (10-14 tahun), Remaja Tengah (15-19 tahun) dan remaja Akhir (20-24 tahun). Generasi Berencana (GenRe) adalah Remaja/Mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku untuk mengikuti pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan. Pemuda dan Pemudi Remaja harus punya perencanaan yang baik dalam pembentukan karakter Remaja yang tangguh dan bermanfaat di lingkungan sekitarnya. 

Menurut instruktir pelatihan tersebut, Remaja sebaiknya bergabung dalam PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja yang ada di lingkungan. PIK R/M merupakan suatu wadah kegiatan program GenRe dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja/mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Fungsi utama PIK-Remaja adalah Berbagi Informasi, Aktivitas yang Inovatif, Konseling dan Rujukan permasalahan remaja.

Menurut Narasumber kedua, yaitu Ibu Siti Tri Wahyuningsih, penguatan karakter pada remaja harus dilakukan sejak dini dengan dukungan semua pihak, baik pihak keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar. Sinergi banyak stake holder tersebut akan memperkuat pembentukan karakter positif remaja sejak dini dan sehingga akan berdampak positif bagi remaja dan lingkungannya saat dewasa nantinya.

Pemuda-pemudi remaja mengikuti pelatihan pendidikan karakter dengan semangat dan antusias mendengarkan dan mengikuti acara pelatihan tersebut dari awal hingga akhir acara. Semoga Acara-acara pelatihan pendidikan karakter ini bisa berkelanjutan dan berdampak positif serta bermanfaat bagi remaja, orangtua dan semua pihak.