Pada hari Kamis Malam, tanggal 13 Juli 2023 Kelurahan Purbayan mengadakan Pelatihan Sesorah Basa Jawa Bagi Ketua RW dan Tokoh Muda Masyarakat di Kelurahan Purbayan bertempat di Kelurahan Purbayan yang dihadiri oleh Lurah Purbayan, Perangkat Kelurahan Purbayan dan Instruktur Pelatihan Sesorah Basa Jawa.

Pelatihan ini dalam rangka melestarikan  budaya dan sastra Jawa di masyarakat serta bertujuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan keterampilan berpidato berbahasa jawa dengan baik dan benar untuk bekal terjun langsung di dalam kegaiatan-kegiatan di masyarakat.Dalam Pelatihan ini Kelurahan Purbayan mengundang seorang Instruktur yang berkompeten, yaitu : Bapak Tri Handoko Putro dari Paguyuban Panatacara Kota Yogyakarta yang merupakan praktisi MC Professional berbahasa Jawa. 

Acara dibuka oleh Lurah Purbayan, Ibu Kudup Nawangsasi. Dalam pembukaannya beliau berpesan agar para peserta pelatihan bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, bisa menimba ilmu yang diberikan instruktur dengan baik serta bisa memperkaya wawasan dan keterampilan dalam berpidato dengan bahasa jawa dengan baik dan benar. Pelatihan ini juga dalam rangka untuk melestarikan Budaya dan Sastra Jawa di masyarakat.

Menurut Instruktur, yaitu Bapak Tri Handoko Putro, Pelatihan sesorah Bahasa Jawa Ini merupakan hal yang penting dalam membentuk dan mengkader tokoh-tokoh di masyarakat seperti Lurah, Ketua RW, Ketua RT, Ketua LPMK dan lain sebagainya yang bisa berpidato dalam bahasa jawa dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan dalam berbahasa jawa yang benar.

Menurut instruktur pelatihan tersebut, dalam berpidato berbahasa jawa yang baik dan benar harus diperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah pengucapan yang jelas, bahasa yang lugas, benar dalam tata bahasa, ringkas sederhana, sikap yang sopan dan santun serta berbusana yang sesuai. 

Dalam pelatihan tersebut para peserta dibimbing dan dilatih mulai dari penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, pengucapan yang benar serta sikap dan perilaku sebagai seorang Pranatacara ataupun seseorang yang sedang berpidato di hadapan khalayak yang baik. Para peserta diberi kesempatan untuk berpraktek langsung berpidato di depan untuk melihat kualitas dan keterampilan saat berpidato dalam suatu acara tertentu.

Pelatihan Sesorah Basa Jawa di Kelurahan Purbayan ini berlangsung dalam 2 hari dan dilaksanakan setiap malam mulai tanggal 13 Juli 2023 sampai dengan 14 Juli 2023. Ketua RW dan Tokoh muda masyarakat kelurahan Purbayan mengikuti pelatihan Sesorah Basa Jawa dengan semangat dan antusias mendengarkan dan mengikuti acara pelatihan tersebut dari awal hingga akhir acara. Semoga Acara-acara pelatihan Sesorah Basa Jawa ini bisa berkelanjutan dan berdampak positif serta bermanfaat bagi Tokoh-tokoh masyarakat di wilayah dan semua pihak.