Pada hari Sabtu, tanggal 5 Agustus 2023 Kelurahan Purbayan mengadakan Gelar Potensi Anak Sehat, Cerdas, Ceria PAUD Melati Purbayan 2023 bertempat di GOR Ex Balai RK Purbayan yang dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kotagede, Lurah Purbayan, Ketua LPMK Purbayan, Ketua PKK Kemantren Kotagede, Ketua PKK Kelurahan Pubayan, Bunda Paud Kemantren Kotagede, Bunda Paud Purbayan, Perangkat Kelurahan Purbayan, Babinsa, Babinkamtibmas, Pengurus SPS PAUD Melati 1 - 14 Purbayan, Ketua RW.14 Purbayan dan Anak-anak PAUD didampingi orangtuanya masing-masing.

Gelar Potensi Anak PAUD Purbayan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anak didik, mengembangkan kualitas, kreativitas, kepercayaan diri anak didik dan keterampilan pada anak didik dan pendidik PAUD. 

Semoga pengenalan dan pembelajaran kreativitas pada anak usia dini melalui kegiatan ini dapat terus berkesinambungan di masa-masa mendatang” ujar Bunda PAUD Kelaurahan Purbayan Ibu Dyah Ratna Mustikasari.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk memupuk jiwa nasionalisme sejak dini di kalangan anak-anak PAUD, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Panitia dan Bunda PAUD Kelurahan Purbayan. Pembukaan Acara dibuka oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede Bapak Komaru Maarif dengan secara simbolis menerbangkan burung merpati di luar gedong GOR Ex Balai RK Purbayan.

Dalam Sambutannya,  Bapak Komaru Maarif menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya untuk memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang anak. “Diantaranya dengan secara intens bekerjasama secara sinergi dengan beberapa lembaga/organisasi yang menangani langsung terkait perlindungan anak” tutur dia.

Setelah Pembukaan dilanjutkan dengan penampilan anak-anak PAUD yang diisi dengan kreatifitas dan kesenian berupa menyanyi dan menari diatas panggung, beberapa permainan anak-anak yang mengasah keterampilan, keberanian dan kepandaian anak-anak PAUD SPS Melati 1 - 14 Kelurahan Purbayan. 

Beberapa lomba yang mengasah keterampilan, keberanian dan kreatifitas diantaranya yaitu lomba menggambar, permainan puzzle, lomba lari ambil bola, lomba lari bendera, dan sebagainya.

Ditempat yang sama Ketua Bunda PAUD Kelurahan Purbayan mengatakan tujuan lain dari kegiatan ini ialah untuk sosialisasi, advokasi dan edukasi kepada anggota dan masyarakat umum dalam pengembangan program PAUD dan kesejahteraan anak. “Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak usia dini yakni kelompok bermain se-kelurahan Purbayan” imbuhnya.

Warna-warni pakaian dan pernak-pernik kreatifitas memenuhi gedung GOR Purbayan yang juga disaksikan langsung oleh orang tua atau wali murid dengan menyemangati anak-anaknya yang mengikuti penampilan di panggung dan aneka permainan untuk anak-anak PAUD. Orangtua sangat antusias mendampingi dan menyemangati anak-anaknya untuk mengikuti beraneka macam lomba, permaianan dan penampilan panggung dalam gelar potensi PAUD ini. Anak-anak semakin percaya diri dan tampil semangat dalam mengikuti acara gelar potensi Anak Paud Purbayan ini.

Penutupan acara Gelar Potensi Anak PAUD Purbayan dengan pembagian hadiah atas lomba-lomba dan permainan anak yang diadakan panitia saat gelar potensi anak PAUD Purbayan. Hadiah diserahkan oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Ibu Lurah Purbayan, Ketua LPMK Purbayan, dan Ibu PKK Kelurahan Purbayan kepada anak-anak yang berprestasi dan kreatif serta trampil tersebut.

Semoga Gelar Potensi Anak PAUD Purbayan bisa terlaksana lagi rutin tiap tahun karena sangat penting dan bermanfaat dalam pengembangan program PAUD dan kesejahteraan anak di wilayah Kelurahan Purbayan.