Pada hari Jum'at, 25 Agustus 2023, Masyarakat Kampung Gedongan Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede mengadakan serangkaian acara perayaan dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di simpang 5 Kampung Gedongan. Kampung Gedongan adalah salah satu kampung yang ada Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta yang memiliki potensi budaya, seni dan ekonomi berbasis kearifan lokal.

Perayaan Pentas Seni Budaya rangka Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 diagendakan secara rutin setiap tahun. Kegiatan ini mengangkat berbagai ragam seni budaya diantaranya Seni Musik Keroncong, Tarian, Wayang, dan Sholawat dengan tim artistik dan para pemainnya merupakan warga kampung Gedongan.

Kampung merupakan lingkungan terkecil setelah keluarga, sehingga melalui acara ini akan terjadi penguatan karakter masyarakat kampung yang berbudaya dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, menjaga lingkungan kampung agar indah, guyub rukun, gotong royong, nyaman dan aman. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi langkah dalam pembentukan karakter dan kapasitas masyarakat berbasis Seni dan budaya.

Kegiatan Pentas Seni Budaya Kampung Gedongan ini berupaya mencoba membangun kapasitas atau kemampuan masyarakat kampung dalam meningkatkan value atau nilai, dimana ada harapan bahwa potensi masyarakat kampung mampu melahirkan sebuah karya yang ikonik dan layak dinikmati masyarakat luas, yang harapannya akan terus berkembang dan layak dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Rangkaian acara berjalan lancar, tertib dan dihadiri banyak penonton yang antusias menikmati rangkaian acara Pentas Seni PErayaan HUT Kemeredekaan Republik Indonesia ke 78. 

Acara ini mendapatkan sambutan dan dukungan yang positif dari berbagai pihak, seperti dari Kemantren Kotagede, Kelurahan Purbayan, Ketua Kampung Gedongan dan Ketua RW.01 - RW.03 serta Ketua RT.01 - RT.09. Semua warga kampung Gedongan yang secara antusias dan bersemangat bergotong royong bahu membahu mempersiapkan acara ini. Pikiran, tenaga, biaya dan apapun dicurahkan oleh Panitia acara ini bersama warga untuk mensukseskan jalannya acara seperti yang direncanakan.

Dalam sambutannya, Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede mengatakan apresiasinya yang setinggi-tingginya kepada segenap masyarakat kampung Gedongan atas terselenggaranya Pentas Seni dan Budaya dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 78 dan memotivasi untuk lebih cinta tanah air dan bangsa serta memupuk jiwa nasionalisme di kalangan masyarakat kotagede. 

Dalam sambutannya juga Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif, SIP,MSi juga mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Pentas Seni Budaya Kampung Gedongan ini dengan harapan melalui event ini diharapkan dapat menggali potensi-potensi lokal seni dan budaya yang ada di masyarakat, memperkaya khasanah seni dan budaya kotagede, mengangkat kunjungan turis lokal dan mancanegara, memberikan hiburan yang positif kepada masyarakat, meningkatkan kekeluargaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM di wilayah.

Dalam sambutannya juga Lurah Purbayan, Kudup Nawangsasi, SP juga mengapresiasi pelaksanaan Pentas Seni dan Budaya Kampung Gedongan ini yang juga didanai oleh APBD Kelurahan Purbayan tahun 2023 dan berharap dapat terus dilaksanakan serta semakin baik kedepannya. Teruslah berkarya demi kemajuan kampung Gedongan khususnya dan Kelurahan Purbayan pada umumnya dalam berbagai bidang baik bidang seni, bidang ekonomi dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Potensi kebudayaan di Kawasan Kotagede sangat luar biasa, sebagai salah satu Kawasan Cagar Budaya (KCB) Kotagede mempunyai banyak sekali sejarah dan kekayaan budaya, seperti adat tradisi, makanan tradisional, kerajinan perak, pakaian tradisional, kearifan lokal dan masih banyak lagi kekayaan budaya yang ada di kawasan kotagede. Marilah kita bersama-sama mengajak dan mendorong segenap masyarakat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan agar tidak tergerus oleh budaya dari luar.