Pada hari Rabu, 30 Agustus 2023, Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Kelurahan Purbayan menerima kunjungan Tim Akreditasi Dinas Kebudayaan DIY dalam rangka Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Purbayan Menuju Kelurahan Budaya (KB) di Pendopo Sanggar Maharani Basen Kelurahan Purbayan. 


Rombongan Tim Akreditasi Dinas Kebudayaan DIY berjumlah kurang lebih 10 orang yang terdiri dari pakar-pakar dibidang kebudayaan untuk menilai kelayakan RKB Purbayan layak tidaknya menjadi Kelurahan Budaya. Tim Akreditasi menilai terkait 5 aspek yang harus ada dalam kelurahan Budaya, yaitu aspek : 
1. Adat dan tradisi, 
2. Kesenian, permainan tradisional, 
3. Bahasa, Sastra dan Aksara, 
4. Kerajinan, Kuliner, Pengobatan Tradisional, 
5. Penataan Ruang dan Warisan Budaya

Diawal kedatangan Tim Akreditasi Dinas Kebudayaan DIY, disambut dengan tarian Gumelar Asri, sebuah tarian khas dari Kelurahan Purbayan khusus untuk penyambutan tamu-tamu istimewa yang datang di Kelurahan Purbayan.Tim Akreditasi sangat menikmati dan mengapresiasi tarian Gumelar Asri yang ditarikan oleh 3 orang penari gemulai yang professional.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian Tim Akreditasi Dinas Kebudayaan DIY memperkenalkan diri mereka yang terdiri dari Ketua Tim, Penilai, dan rombongan. Mereka mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dan memperkenalkan diri mereka dan maksud tujuan kehadiran mereka dalam rangka tugas melaksanakan akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya menuju Kelurahan Budaya untuk kelurahan Purbayan.

Acara berikutnya kata sambutan dan paparan singkat Lurah Purbayan terkait RKB Purbayan serta potensi-potensi seni, budaya, adat tradisi, permainan tradisional, cagar budaya, warisan budaya dan bahasa dan sastra. Dalam sambutannya, Lurah Purbayan mengatakan bahwa Rintisan Kelurahan Budaya ini adalah mendorong pelestarian dan pengembangan budaya di wilayah Rintisan Kelurahan Budaya (RKB), memberikan ruang bagi RKB untuk menampilkan potensi budaya yang menjadi kekuatan, karakteristik, keunikan dan identitas masing-masing, menjadi sarana promosi untuk mengenalkan potensi budaya kepada masyarakat luas, mendorong pemanfaatan potensi budaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta menjadi ajang penilaian untuk mengetahui tingkat kemajuan RKB.

Acara dilanjutkan dengan penilaian 5 aspek Kelurahan Budaya yaitu : Adat dan tradisi, Kesenian, permainan tradisional, Bahasa, Sastra dan Aksara, Kerajinan, Kuliner, Pengobatan Tradisional serta Penataan Ruang dan Warisan Budaya. Masing-masing bidang aspek yang dinilai sdh tersedia di 5 meja yang sdh disiapkan dengan melaksanakan wawancara langsung terhadap petugas dari RKB Purbayan yang berkompeten sesuai bidangnya masing-masing.

Setelah acara wawancara dan pengambilan data informasi yang dibutuhkan dirasa cukup, tim akreditasi kemudian menuju ke stand umkm kuliner khas dan kerajinan yang ada di Kelurahan Purbayan. Tim menggali informasi juga dan tertarik terkait umkm dan kerajinan yang ada dan berkembang di Kelurahan Purbayan. Beberapa UMKM Kuliner menyediakan makanan dan minuman khas Purbayan, seperti : roti kembang waru, banjar, ukel, peyek bayam, dan sebagainya dan tak lupa juga barang-barang kerajinan baik dari logam, keramik sampai kerajinan dari tanduk.

Setelah meninjau UMKM, kemudian Tim memberikan kesan dan pesan terkait ketugasannya sebagai tim akreditasi Dinas Kebudayaan DIY dan mendoakan semoga Kelurahan Purbayan lolos sebagai Kelurahan Budaya. Setelah menyampaikan pesan dan kesannya, tim kemudian mohon ijin pamit untuk ketugasan di tempat yang lainnya.

Semoga Potensi kesenian dan kebudayaan akan terus hidup dan berkembang di tangan masyarakat yang tetap peduli akan pelestarian budaya dan kesenian-kesenian tradisional. Salam Budaya. Lestari Budayaku.