Pada hari Jum'at, 22 Desember 2023, Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede mengadakan serangkaian acara pengajian bersama warga dan tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Purbayan dalam rangka Tasyakuran Menempati Gedung Baru Kelurahan Purbayan di Pendopo Kelurahan Purbayan. Pengajian dihadiri oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Forkompimtren Kotagede (KUA, Koramil, Puskesmas, Polsek, Kemantren), Ketua LPMK Purbayan, Ketua Kampung Se Kelurahan Purbayan, Ketua RW dan RT Se Kelurahan Purbayan, serta Ketua-ketua lembaga Sosial Kemasyarakatan di Kelurahan Purbayan. Acara pengajian diisi oleh ustadz H. Ahmad Mustafid, M.Hum dari Kementrian Agama Kota Yogyakarta.

Sebelum acara pengajian dimulai, agenda ramah tamah dengan tokoh masyarakat purbayan sambil menikmati hidangan wedang ronde dan snack di Pendopo Kelurahan Purbayan. Suasana begitu akrab penuh dengan rasa kekeluargaan antara pegawai kelurahan purbayan dengan para tokoh masyarakat purbayan.

Pukul 20.30 WIB, acara secara resmi dimulai oleh pembawa acara (MC) dengan bacaan basmallah. kemudian dilanjutkan lantunan ayat-ayat suci Alquran yang dibacakan oleh qori yang berpengalaman.
Kemudian sambutan oleh Lurah Purbayan dan Mantri Pamong Praja Kotagede. Dalam sambutannya, Lurah Purbayan mengatakan apresiasinya yang setinggi-tingginya kepada segenap tokoh masyarakat purbayan dan undangan yang telah hadir dalam Rangka Tasyakuran Menempati Gedung Baru Kelurahan Purbayan. Beliau juga bersyukur atas selesainya pembangunan Gedung Baru Kelurahan Purbayan yang terlihat megah dan apik serta representatif sebagai kelurahan yang maju dan modern.Beliau berharap dengan fasilitas gedung baru yang bagus dan representatif ini akan lebih memacu semangat kerja dan melayani yang lebih baik lagi untuk kesejahteraan masyarakat Kelurahan Purbayan.

Dalam sambutannya juga Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Ma'arif, SIP,MSi juga mengatakan sangat mengapresiasi semua stakeholder yang selama ini telah bekerja dengan baik dan bersinergi dengan kelurahan Purbayan dalam melayani masyarakat kelurahan Purbayan. Dengan adanya gedung baru yang tampak megah dan bagus ini semoga lebih memacu semangat aparat kelurahan purbayan dan semua tokoh masyarakat purbayan dalam menggunakan fasilitas gedung kelurahan Purbayan ini dalam rangka melayani warga masyarakat dengan lebih baik lagi. Mantri Pamong Praja Kotagede juga mengapresiasi semua prestasi kelurahan purbayan yang diraih selama ini baik tingkat nasional maupun tingkat regional.

Acara berikutnya yaitu acara inti Pengajian tasyakuran menempati gedung baru Kelurahan Purbayan oleh ustadz H.Ahmad Mustafid, M.Hum. Dalam Ceramahnya, ustadz H.Ahmad Mustafid mengatakan pentingnya bersyukur atas karunia dan anugerah nikmat Allah Swt yang diberikan kepada kita semua, bahwa semuanya harus disyukuri dengan baik dan digunakan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah Swt, termasuk gedung baru Kelurahan Purbayan ini yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah melayani seluruh warga masyarakat Kelurahan Purbayan dengan lebih baik demi kesejahteraan bersama. Penggunaan dan pemanfaatan gedung baru kelurahan purbayan ini bisa digunakan oleh aparat kelurahan juga warga masyarakat serta tokoh masyarakat dengan sebaik-baiknya dan dengan bijak sesuai dengan peruntukan fasilitasi gedung kelurahan Purbayan agar lebih bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

Acara pengajian berakhir pada pukul 22.00 dan ditutup dengan doa oleh ustadz agar gedung baru kelurahan Purbayan dibarokahi dan bermanfaat bagi banyak pihak dan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Purbayan.