Pada hari Jum'at, 15 Maret 2024, Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede mengadakan serangkaian acara penyerahan Bantuan Hibah Alat-alat Pengolahan Sampah untuk Bank Sampah dan Penggerobak Sampah di Kelurahan Purbayan. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kelurahan Purbayan dalam membantu pengurus bank sampah dan penggerobak dalam menjalankan tugas dan peranannya dalam mengelola sampah di wilayah Kelurahan Purbayan. Kelurahan Purbayan mengapresiasi keberadaan Bank Sampah dan Shodaqoh Sampah di Wilayah Kelurahan Purbayan dalam peranannya mendukung program Pemerintah Kota Yogyakarta mengurangi dan memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi barang yang berdaya guna dan bernilai. 

Acara penyerahan bantuan hibah Alat-alat Pengolahan Sampah untuk Bank Sampah dan Penggerobak sampah ini diikuti Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Ibu Lurah Purbayan, Ketua LPMK Purbayan, Pengurus Faskel Bank Sampah, Tokoh-tokoh masyarakat di wilayah, perwakilan pengurus Bank Sampah, penggerobak sampah serta perangkat Kelurahan Purbayan.

Dalam sambutannya, bapak Mantri Pamong Praja menyampaikan akan pentingnya kesadaran warga didukung oleh pemerintah untuk mengelola sampah warga secara mandiri baik organik maupun non organik dari hulunya dan hanya sampah yang residu yang dibuang di Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Dalam sambutannya juga, Lurah Purbayan juga memotivasi bank sampah dan shodaqoh sampah yang ada di wilayah Kelurahan Purbayan untuk lebih berperan aktif di lingkungan masing-masing dalam mengelola sampah apalagi dengan dibantu peralatan bidang persampahan seperti gerobag sampah pilah, mesin pencacah sampah organik dan bin sampah pilah.

Ketua LMPK Purbayan juga menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah Kota Yogyakarta atas bantuan hibah barang peralatan pengolahan persampahan kepada Pengurus Bank sampah dan penggerobak sampah, serta memotivasi bank sampah dan penggerobak sampah untuk lebih meningkatkan lagi peran sertanya dalam mengelola dan mengolah sampah dalam rangka mencapai target Kelurahan Purbayan bebas sampah tahun 2025.

Penyerahan bantuan hibah alat-alat pengolahan sampah ini dilakukan oleh ketua LPMK kepada perwakilan pengurus Bank sampah serta kepada para penggerobak sampah. Bantuan hibah alat-alat pengolahan sampah ini berupa 7 gerobak sampah pilah, 3 mesin pencacah sampah organik serta 2 buah bin sampah pilah.

Semoga dengan bantuan tersebut banyak memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat dan menjadikan kelurahan purbayan menjadi kelurahan yang bersih, sehat dan sejahtera.