Pada hari Sabtu, 4 Mei 2024, Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede mengadakan serangkaian acara Syawalan dan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kelurahan Purbayan Tahun 2024 di Pendopo Kantor Kelurahan Purbayan. 

Acara Syawalan dan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kelurahan Purbayan Tahun 2024 dihadiri oleh Bapak Pj. Walikota Yogyakarta, Bapak Singgih Raharjo, SH,M.Ed dan diikuti oleh Forkompimtren Kotagede dan tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Purbayan, mulai dari Mantri Pamong Praja Kotagede, Kapolsek Kotagede, Danramil Kotagede, Kepala KUA, Kepala Puskesmas Kotagede 1, Ketua Kampung, Ketua RW, Ketua RT, Ketua TP. PKK serta Ketua Lembaga Sosial Kemasyarakatan Kelurahan Purbayan. 

Acara dibuka mulai jam 10.20 Wib dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran. Ikrar Syawalan dipimpin oleh salah satu tokoh kelurahan Purbayan, bapak Nariman yang juga merupakan ketua RW.05 Kelurahan Purbayan dibacakan dan ditirukan oleh semua hadirin dengan berdiri ditempat masing-masing
.

Dalam sambutannya Ketua LPMK Purbayan Selaku Ketua Panitia Syawalan dan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kelurahan Purbayan, melaporkan terkait maksud dan tujuan pelaksanaan Syawalan dan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kelurahan Purbayan dan memberikan ucapan terima kasih kepada semua hadirin yang sdh hadir dan memberikan ucapan selamat jalan kepada calon jamaah haji kelurahan Purbayan semoga menjadi haji yang mabrur. 

Sambutan oleh salah satu Perwakilan jamaah Haji Kelurahan Purbayan, mengungkapkan terima kasih kepada semua pihak dan mohon doa restu untuk bisa melaksanakan ibadah haji dengan aman, nyaman, sehat dan lancar di tanah suci Mekah.

Dalam Sambutannya, Bpk. Mantri Pamong Praja, Komaru Ma'arif,SIP.,MSi juga mengatakan bahwa Bulan Syawal adalah momentum yang baik untuk saling memaafkan dan meningkatkan ibadah setelah sebulan penuh digembleng selama bulan Ramadhan dengan ibadah Puasa Ramadhan. Mantri Pamong Praja juga mengucapkan selamat atas calon jamaah haji Kelurahan Purbayan yang akan melaksanakan ibdah haji tahun ini, semoga diberikan kelancaran dan kesehatan untuk dapat beribadah dengan khusyuk di tanah suci dan menjadi haji yang mabrur.

Sambutan terakhir oleh Bapak Pj Walikota Yogyakarta mengatakan terkait hikmah syawalan untuk kebaikan masyarakat Yogyakarta dan juga memberikan ucapan selamat kepada calon jamaah Haji Kelurahan Purbayan yang tahun ini berangkat ke tanah suci Mekkah. Semoga diberikan kesehatan, kelancaran, kemudahan dan menjadi haji yang mabrur yang berguna bagi masyarakat sekitarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan Pemkot Yogyakarta mulai tahun ini memberikan insentif dan melanjutkan perlindungan jaminan ketenagakerjaan bagi Ketua Kampung, RT, RW dan LPMK. Para pengurus wilayah tersebut menjadi bagian tumpuan atau ujung tombak Pemkot Yogyakarta di masyarakat. 
"Ini adalah perhatian pemkot kepada  bapak ibu yang menjadi ujung tombak. Apresiasi atau insentif ini kita maksudkan untuk memberikan semangat dan motivasi dalam membantu kami pemerintah agar pelayanan masyarakat semakin lebih baik," kata Singgih saat menghadiri syawalan halal bihalal dan pelepasan calon jamaah haji Kelurahan Purbayan pada Sabtu (4/5/2024).

Menurutnya dengan pemberian jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan betul-betul bisa memberikan jaminan kepada  Ketua kampung, LPMK, RW dan RT jika terjadi kecelakaan hingga kematian. Dicontohkan sudah ada Ketua RT/RW di Kotabaru yang meninggal dunia dan mendapatkan santunan kematian BPJS Ketenagakerjaan. Meski demikian pihaknya berharap tidak ada kecelakaan maupun lainnya yang dialami para pengurus wilayah.
"Harapan saya tentu tidak ada  yang menggunakan itu," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Singgih juga menyampaikan beberapa program Pemkot Yogyakarta salah satunya terkait desentralisasi pengolahan sampah. Singgih menegaskan Pemkot Yogyakarta serius dan betul-betul menuntaskan pengolahan sampah dengan kebijakan desentralisasi sampah mulai Mei. Desentralisasi pengolahan sampah sudah beroperasional di TPST Nitikan dengan kapasitas bisa sampai 70 ton/hari. Sedangkan 2 TSPT lainnya yaitu Kranon dan Karangmiri ditargetkan beroperasional akhir Mei. Produk utama pengolahan sampah itu adalah bahan bakar alternatif RDF dan kompos.

Bapak Pj Walikota juga berpesan terkait pentingnya pengelolaan dan pengolahan sampah di Kota Yogyakarta serta mengedukasi masyarakat untuk bisa mengolah dan mengelola sampahnya dengan baik dan benar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ceramah dan doa oleh bapak Ustadz Dudi Mochammad Rosyadi yang berisikan pengajian terkait hikmah syawalan dan ibadah haji. Beliau juga mengucapkan selamat jalan kepada calon jamaah Haji, semoga menjadi Haji yang mabrur. 

Semoga dengan acara Syawalan dan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kelurahan Purbayan ini bisa menjalin silaturahmi yang baik dan sinergi positif diantara tokoh-tokoh masyarakat beserta aparat pemerintahan di kelurahan, kemantren dan Kota Yogyakarta. Tokoh-tokoh masyarakat di wilayah dan Aparat Pemerintahan bisa bekerja bersama dan berhubungan harmonis dalam melayani warga masyarakat kelurahan Purbayan untuk lebih maju dan sejahtera.