Pada hari Senin, 20 Mei 2024, Kepolisian Daerah (POLDA) DIY mengadakan serangkaian acara Pembinaan Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Patuh Kelurahan Purbayan di Aula Kantor Kelurahan Purbayan. Acara pembinaan ini di hadiri langsung oleh Kasi Bin Orsosmas Binmas POLDA DIY, Bapak AKP.Iswandi, Kasat Binmas Polresta Yogyakarta, Kompol Ani Sulistiarini, SH,MH, Lurah Purbayan, Ibu Komarijatul Chasanah, S.Pd, Babinkamtibmas dan Babinsa Purbayan, serta pengurus dan anggota FKPM Patuh Kelurahan Purbayan.

Acara dibuka mulai jam 15.30 Wib dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ibu Lurah Purbayan. Dalam sambutannya, Lurah Purbayan menyambut baik dan mengapresiasi pembinaan FKPM Patuh oleh Polda DIY sebagai salah satu bentuk usaha dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas kemitraan antara polisi dan masyarakat.

Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) merupakan wadah yang sangat penting dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kita. Melalui forum ini, kita dapat berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerja sama secara lebih baik untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan adanya pembinaan ini, diharapkan FKPM Kelurahan Purbayan dapat semakin solid dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Tantangan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat semakin hari semakin kompleks. Oleh karena itu, diperlukan sinergi dan kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pemerintah, kepolisian, dan masyarakat. Melalui FKPM, kita berharap dapat membangun rasa saling percaya dan menguatkan kerja sama yang sudah terjalin, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh warga.

Dalam pembinaannya AKP Iswandi mengatakan akan pentingnya keamanan dan ketertiban di masyarakat yang merupakan ketugasan kita semua dalam mewujudkannya. Peran serta Kepolisian bersama masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan kehidupan yang harmonis di masyarakat. FKPM Patuh bersama kepolisian Polda DIY selama ini telah bersinergi dengan baik untuk mewujudkan itu semua dan kedepan akan terus ditingkatkan lagi kolaborasi tersebut.

Dalam pembinaannya juga, Kompol Ani Sulistiarini, SH,MH juga memotivasi FKPM Patuh Kelurahan Purbayan untuk terus meningkatkan peran dan fungsinya di masyarakat, karena peran serta FKPM dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Polresta Yogyakarta akan terus mensupport dan memberi dukungan kegiatan FKOM Patuh yang positif dan berdampak kepada penciptaan kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan yang kondusif bagi masyarakat. Beliau juga berpesan agar anggota FKPM Patuh tetap solid dan profesional dan humanis dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat.

Di akhir acara pembinaan FKPM Patuh oleh Polda DIY tersebut dilakukan penyerahan beberapa alat pendukung kerja dan kelengkapan tugas FKPM oleh AKP Iswandi mewakili Polda DIY. Semoga Alat-alat tersebut bermanfaat dan bisa menunjang kerja Anggota FKPM Patuh dalam menjalankan tugas di masyarakat menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Acara kemudian ditutup dan dilanjutkan dengan foto bersama Pejabat Polda DIY dan Polresta Yogyakarta dengan anggota FKPM Patuh dan Lurah Purbayan.

Semoga dengan acara ini bisa menjalin silaturahmi yang baik dan sinergi positif diantara kepolisian dan masyarakat di kelurahan Purbayan bisa bekerja bersama dan berhubungan harmonis dalam melayani warga masyarakat kelurahan Purbayan untuk lebih aman, tertib, maju dan sejahtera.