Pada hari Selasa, 22 Mei 2024, Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede mengadakan serangkaian acara Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Pelayanan Kelurahan dan Kemantren Berbasis Elektronik bersama Bpk. Pj.Walikota Yogyakarta di Aula Kantor Kelurahan Purbayan. 

Acara sosialisasi ini di hadiri oleh bapak PJ Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, SH,M.Ed, bapak Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta, Subarjilan, SIP,M.Si, Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru Maarif, SIP, MSi, Lurah Purbayan, Ibu Komarijatul Chasanah, S.Pd, Babinkamtibmas dan Babinsa Purbayan, serta Bapak/Ibu Ketua RT dan Ketua RW Se Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede.

Acara dibuka mulai jam 19.30 Wib dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ibu Lurah Purbayan. Dalam sambutannya, Lurah Purbayan menyambut baik dan mengapresiasi adanya sosialisasi perwal Nomor 30 Tahun 2023 Tentang Pelayanan Kelurahan dan Kemantren Berbasis Elektronik ini untuk lebih mengedukasi masyarakat Kelurahan Purbayan agar lebih paham dan lebih familiar dengan pelayanan yang ada di kelurahan dan kemantren.

Dalam Sambutannya, bapak Pj Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, SH, M.ed mengatakan akan pentingnya pelayanan di kelurahan dan kemantren yang bisa diakses oleh masyarakat dengan adanya teknologi JSS (Jogja Smart Service) yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang lebih cepat, murah dan mudah hanya dengan berbekal HP di genggaman. Bapak Pj Walikota juga berpesan kepada tokoh tokoh masyarakat purbayan akan pentingnya melek teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, dimana era teknologi digital sangat berkembang pesat, termasuk pelayanan di pemerintah kota yang menuju ke arah pelayanan yang digital lewat perangkat HP bapak bapak tokoh masyarakat semua. Jogja Smart Services (JSS) yang merupakan produk berbasis teknologi informasi digital yang melayani masyarakat jogja di era ini terus berbenah dan mengembangkan terus inovasi-inovasi dalam pelayanan di Pemerintah Kota Yogyakarta. Beliau juga menngungkapkan dalam sambutannya terkait permasalahan persampahan di kota Yogyakarta selama ini insya Allah akan tuntas di bulan Juni ini dengan beroperasinya secara efektif beberapa TPST baru milik Pemkot Yogyakarta yang akan mengolah sampah masyarakat Kota Yogyakarta. Bapak Singgih Raharjo juga berpamitan kepada masyarakat karena secara ketugasan sebagai Pj Walikota akan berakhir per tanggal 22 Mei 2024. Sebelum meninggalkan aula kelurahan purbayan, bapak Pj Walikota berkenan berfoto bareng dengan tokoh-tokoh masyarakat kelurahan Purbayan, kemudian berpamitan meninggalkan kelurahan Purbayan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait perwal nomor 30 tahun 2023 tersebut oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Yogyakarta, Bapak Subarjilan,SIP,M.Si. Beliau menerangkan beberapa pelayanan di kelurahan dan kemantren yang ada di kota Yogyakarta yang sekarang berbasis elektronik dengan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan menerangkan sedikit terkait teknologi JSS kepada tokoh-tokoh masyarakat kelurahan Purbayan.

Acara berikutnya pemaparan narasumber kedua dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, bapak OK Maryanto, S.Kom. Beliau menjelaskan terkait layanan-layanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dari Pembuatan dokumen Akte-akte sampai pembuatan dokumen-dokumen kependudukan yang sekarang sdh berbasis elektronik digital. Semua permohonan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil sekarang harus melalui permohonan daring lewat Jogja Smart Services (JSS) ataupun lewat Whatsapp warga ke nomor kontak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Narasumber juga memaparkan terkait Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang harus dimiliki oleh tiap warga di gadget masing-masing.Keuntungan dan manfaat IKD yang bisa dirasakan masyarakat dan berhubungan juga dengan pelayanan pemerintah kota yogyakarta.

Pemapar berikutnya juga dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Bapak Aan Suprobo, S.Kom, beliau menjelaskan terkait teknologi Jogja Smart Services (JSS) di Pemerintah Kota Yogyakarta dalam pelayanan kepada masyarakat, Banyak aplikasi-aplikasi layanan pemerintah Kota Yogyakarta yang disematkan dalam aplikasi JSS tersebut, mulai dari permohonan Akte kelahiran, Kartu keluarga, KTP El, antrian Rumah sakit, Pengaduan dan informasi publik, fasilitas-fasilitas publik pemerintah kota yogyakarta dan banyak lagi.

Setelah selesai pemaparan,dilanjutkan acara sesi tanya jawab antara hadirin dengan narasumber. Acara kemudian ditutup pada pukul 21.45 WIB setelah selesai sesi tanya jawab.

Semoga dengan acara ini bisa menjalin silaturahmi yang baik dan sinergi positif diantara masyarakat dan aparat perangkat kelurahan Purbayan bisa bekerja bersama dan dalam melayani warga masyarakat kelurahan Purbayan untuk lebih aman, tertib, maju dan sejahtera.