Pada hari Jumat Malam, tanggal 19 Juli 2024 Kelurahan Purbayan mengadakan Pelatihan Public Speaking Bagi Tokoh Masyarakat Kelurahan Purbayan yang meliputi Ketua RT, Ketua RW, dan Ketua Kampung se Kelurahan Purbayan bertempat di Aula Atas Kantor Kelurahan Purbayan yang dihadiri oleh Lurah Purbayan, Ketua LPMK, Perangkat Kelurahan Purbayan dan Instruktur Pelatihan Publik Speaking.

Pelatihan ini dalam rangka Meningkatkan kapasitas kemampuan berbicara di depan umum,  bagi tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Purbayan dan bertujuan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan keterampilan berpidato dengan baik dan benar untuk bekal terjun langsung di dalam kegaiatan-kegiatan di masyarakat.Dalam Pelatihan ini Kelurahan Purbayan mengundang seorang Instruktur yang berkompeten, yaitu : Ibu Lusy Laksita, seorang Profeessional Public Speaker, MC dan Presenter yang telah berpengalaman di bidangnya puluhan tahun.

Acara dibuka oleh Lurah Purbayan, Ibu Komarijatul Chasanah, S.Pd. Dalam pembukaannya beliau berpesan agar para peserta pelatihan bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, bisa menimba ilmu yang diberikan instruktur dengan baik serta bisa memperkaya wawasan dan keterampilan dalam berpidato dengan baik dan benar. 

Menurut Instruktur, yaitu Ibu Lusy Laksita, Pelatihan Publik Speaking Ini merupakan hal yang penting dalam membentuk dan mengkader tokoh-tokoh di masyarakat seperti Lurah, Ketua RW, Ketua RT, Ketua Kampung, Ketua LPMK dan lain sebagainya yang bisa berpidato dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan dalam berbahasa yang benar.

Menurut instruktur pelatihan tersebut, dalam berpidato yang baik dan benar harus diperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah pengucapan yang jelas, bahasa yang lugas, benar dalam tata bahasa, ringkas sederhana, sikap yang sopan dan santun serta berbusana yang sesuai. 

Dalam pelatihan tersebut para peserta dibimbing dan dilatih mulai dari penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, pengucapan yang benar serta sikap dan perilaku sebagai seorang public speaker ataupun seseorang yang sedang berpidato di hadapan khalayak yang baik. 

Pelatihan Public Speaking di Kelurahan Purbayan ini berlangsung selama 2 jam. Ketua RT, Ketua RW dan Ketua Kampung mengikuti pelatihan Public Speaking ini dengan semangat dan antusias mendengarkan dan mengikuti acara pelatihan tersebut dari awal hingga akhir acara. Semoga Acara pelatihan Public Speaking ini bisa berkelanjutan dan berdampak positif serta bermanfaat bagi Tokoh-tokoh masyarakat di wilayah dan semua pihak.