KELURAHAN PURBAYAN GUMELAR ASRI
*GUMELAR ASRI (Gegayuhan Utama Memetri Endahing Lampah Rinakit Adining Sarira Rasabudaya Lan Iman) : Cita cita luhur untuk melestarikan langkah menuju kemuliaan berdasarkan kepribadian, budaya dan iman *, Jam Pelayanan Senin - Kamis : 08.00 WIB sd 15.00 WIB, Jum'at : 08.00 WIB sd 11.30, 12.30 s/d 14.00 WIB
Gambaran Umum

Kelurahan Purbayan  dibentuk pada tahun 1981, berdasar Peraturan Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ( Perda DIY) Nomor 6 tahun 1981 Tentang Pembentukan, Pemecahan, Penyatuan dan Penghapusan Kelurahan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelurahan Purbayan terbentuk dari 4 eks Rukun Kampung (RK) yaitu : RK Gedongan, RK Basen, RK Purbayan, dan RK Alun – Alun. Dengan pembentukan Kelurahan, 4 RK digabung dan dibagi menjadi 14 Rukun Warga (RW) dan terdiri dari 58 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah Kepala Keluarga 3302 KK dan jumlah penduduk 10.176 jiwa.

Batas Administrasi

Luas wilayah Kelurahan Purbayan sebesar 83 Ha. Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokkan seperti untuk fasilitas umum, pemukiman,  kegiatan ekonomi dan Iain-lain.

Kelurahan Purbayan berada dalam wilayah Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta dengan nomor Kode Wilayah 34.71.14.03 dan Kode Pos 55173.

Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta mempunyai luas wilayah   0,83 km2 dengan peta wilayah sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 1 dan berbatasan langsung dengan :

  • Sebelah Utara       : Desa Banguntapan  Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul
  • Sebelah Selatan    : Desa Singosaren Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul
  • Sebelah Barat       : Desa Jagalan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul dan Kelurahan Prenggan, Kelurahan Rejowinangun Kota Yogyakarta
  • Sebelah Timur      : Desa Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul

Kondisi dan Ciri Geografis Wilayah

Ketinggian Wilayah Kelurahan Purbayan secara umum terletak pada posisi 113 m di atas permukaan laut. Kelurahan Purbayan terletak di wilayah Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta yang merupakan kota tua bekas Ibu kota kerajaan, Kota Kotagede merupakan kota warisan (heritage) yang amat berpotensi bagi kemakmuran masyarakatnya dan merupakan daerah hunian padat. Walaupun di Kelurahan Purbayan relatif tidak ada industri besar, namun kegiatan ekonomi bergerak cukup tinggi terutama karena digerakkan oleh kerajinan industri perak (silver) yang berada di dan sekitar Kelurahan Purbayan.

Jarak Purbayan dari pusat Pemerintahan Kecamatan 500 M, Pemerintahan Kota 4  Km.

Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat50%
Cukup Bermanfaat7.14%
Bermanfaat7.14%
Kurang Bermanfaat0%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 15 Kemarin 53 Bulan Ini 851 Tahun Ini 7159 Total Pengunjung 7170
Lokasi Kantor
Video Youtube

Tautan Terkait